Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Wednesday, 8 July 2015

cara ampuh meredakan sakit gigi obat tradisional

Cara ampuh meredakan sakit gigi (obat tradisional )
Siapa saja yang pernah mengalami sakit gigi pasti sulit melupakan rasa nyeri dan ngilunya yang dahsyat. Ketika mengalaminya, pasien sakit gigi bisa susah beraktivitas meskipun penyakit ini terkesan sepele.

Ada obat tradisional untuk meredakan sakit gigi 

Pada tahap awal, sakit nyeri di gigi biasa terjadi karena poses inflamasi atau peradangan pada pulpa yang menjadi lokasi keberadaan syaraf. Bagian ini berada di bawah lapisan terkeras, yakni email, dan lunak atau dentin. Begitu gigi keropos, potensi inflamasi pulpa semakin besar.

Kadar inflamasi level pemula disebut reversible pulpitis. Di tahap ini, penetrasi bakteri memang belum parah dan kondisi inflamasi pulpa terlokalisir di bawah dentin. Akan tetapi, rasa sakitnya sudah terasa mengganggu.

Nah, ternyata obat pereda sakit gigi di level ini bisa dibuat dengan bahan kulit membran yang menempel di bagian dalam cangkang telur bebek. Lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada baru-baru ini mengerjakan riset yang menemukan kesimpulan itu.

cara ampuh meredakan sakit gigi dengan 
dengan obat tradisional

cara ampuh meredakan sakit gigi


Mereka merupakan  tim Program Kreativitas Mahasiswa UGM yang terdiri dari mahasiswa semester enam dan empat di Fakultas Kedokteran Gigi, UGM. Lima mahasiswa itu ialah Rika Ayu Putri Virawati, Risa Widya Iswara, Novaria, Bina Rizka Maulida dan Veri Anggara Saputri.

Riset ini memang baru menemukan kesimpulan kulit membran cangkang telur bebek layak menjadi bahan obat pereda sakit gigi. Namun, temuannya menarik sebab menunjukkan banyak bahan limbah yang sebenarnya bermanfaat untuk kebutuhan sektor farmasi di Indonesia.

Rika Ayu Putri Virawati, Koordinator Tim riset itu, mengatakan dia dan rekan-rekannya tertarik meneliti manfaat limbah telur bebek karena jumlahnya yang berjibun. Apalagi, selama ini belum banyak riset ilmiah mengurai kandungan bermanfaat di kulit telur bebek. "Dari hasil riset data, kami temukan ada sejumlah zat anti radang di kulit telur bebek," kata Rika pada Kamis, 18 Juni 2015.

Menurut Rika, berdasar kajian timnya, kulit membran yang berupa selaput tipis berwarna putih di bawah kulit terlur bebek ternyata bagian paling kaya dengan zat pereda anti radang. Dia memerinci, zat-zat itu ialah kondroitin sulfat, glukosamin, dan asam hyaluronat. Ketiga unsur ini, menurut Rika, bisa bekerja bersama meredakan sakit gigi di tahap reversible pulpitis.

Namun, kulit membran cangkang telur bebek ini perlu diubah menjadi ekstrak terlebih dulu agar bisa menjadi bahan obat pereda sakit akibat peradangan di pulpa gigi. Menurut Rika, timnya memakai metode maserasi atau perendaman untuk membuat ekstrak membran telur bebek.

Mereka terlebih dulu memisahkan selaput putih di bawah cangkang pada telur bebek mentah. Setelah itu, menurut Rika, kulit membran direndam bersama etanol dengan kosentrasi 70 persen. Perendaman perlu waktu empat pekan agar hasil ekstraksi itu sempurna.

Rika mengatakan timnya mengumpulkan membran dari tiga kilogram telur bebek. Hasilnya, ada 290 gram kulit membran yang dikupas dari bagian dalam cangkang. "Setelah proses maserasi, hasilnya didapat ekstrak sebanyak 2,9 mililiter," kata Rika.

Rupa hasil ekstraksi membran cangkang telur bebek ini serupa bubur. Teksturnya lembek dan warnanya coklat tua. "Hampir mirip bentuk selai, tapi lebih encer," ujar Rika.

Ekstrak membran itu tidak berbau. Akan tetapi, setelah tujuh hari, biasanya mulai memunculkan bau khas. Rika mengatakan, sementara ini, timnya masih meneliti cara untuk membuat hasil ekstraksi ini lebih lama masa kadaluwarsanya.

Bahan obat pereda sakit gigi ini dilabeli nama “ExEllen” atau Extract of Eggshell Membrane. Menurut Rika, bahan ini aman karena bersifat alami dan tanpa zat kimia. Kandungan berbahaya bagi tubuh manusia juga tidak ditemukan oleh timnya di dalam hasil ekstrak membran.

Akan tetapi, Rika mengimbuhkan, hasil ekstraksi ini belum pernah diteliti lagi efektivitasnya pada sakit gigi yang dialami manusia. Dia mengatakan riset timnya baru berfokus menemukan kandungan tinggi zat anti radang yang bermanfaat menyembuhkan sakit gigi di fase reversible pulpitis. "Tapi, bahan ini aman dan tanpa efek samping," kata dia.

Anggota tim lainnya, Bina Rizka Maulida mengimbuhkan riset yang dikerjakan timnya menyimpulkan bahan limbah cangkang telur tak layak dibuang percuma. Menurut dia, ada kemungkinan membran di kulit telur lain memiliki manfaat sama meskipun jumlah kadar zat anti radangnya

Demikian cara ampuh meredakan sakit gigi , dengan obat tradisional semoga bermanfaat

baca juga :

Pengobatan alternatif gagal ginjal dari ntt

Pengobatan gagal ginjal tanpa cuci darah


Source :  http://tekno.tempo.co/read/news/2015/06/19/061676405/riset-ugm-cangkang-telur-bebek-bisa-redakan-sakit-gigi

cara ampuh meredakan sakit gigi obat tradisional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vanesa Cahyani