Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Tuesday, 20 October 2015

Resep Pempek Kapal Selam Pempek Isi Telor

Resep pempek kapal selam pempek isi telor. Palembang merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia kota ini terkenal dengan salah satu makanan khasnya yaitu pempek Palembang. makanan dengan campuran ikan tenggiri dan ditambah saus cuko yang rasanya asam manis dan pedas ini sangat nikmat dan dijamin dapat membuah anda ketagihan. terdapat beberapa jenis variasi pempek, salah satunya yang sangat populer yaitu pempek kapal selam isi telur. pempek yang satu ini cukup unik dan proses pembuatannya pun tidaklah mudah, kesulitan utamanya yaitu ketika kita memasukkan satu butir telur mentah ke dalam adonan pempek yang masih mentah dan telah dibentuk, jika anda kurang berhati-hati dalam memasukkan telur ayam, maka bisa-bisa telur ayam akan tercecer hingga menyebabkan adonan sulit untuk dilipat.
Resep pempek kapal selam pempek isi telor

Berikut ini ulasn lengkap mengenai resep pempek kapal selam pempek isi telur yang lezat sekaligus nikmat.

Bahan utama yang harus anda persiapkan:
  • 400 gr daging ikan tenggiri. jika anda kesulitan mendapatkan ikan tenggiri maka anda dapat menggantinya dengan ikan jenis apa saja yang berdaging putih seperti ikan gabus segar. 
  • 200 ml air es
  • ½ sdm garam
  • 3 siung bwng putih yang dihaluskan
  • 300 gr tepung sagu
Adapun untuk bahan-bahan untuk membuat sambal cuka adalah sebagai berikut:
  • 4 buah cabe rawit, haluskan
  • 4 siung bwng putih, haluskan
  • 50 gr gula pasir
  • 500 ml air bersih
  • 100 ml air asam jawa dari 2 sdm buah asam, jika tidak ada anda dapat menggatinya dengan 4 sdm cuka
  • 25 gr garam
  • 4 sdm kecap asin
  • 2 sdm ebi yang sudah disangrai dan dihaluskan
Langkah-langkah membuat pempek kapal selam isi telur:

- Haluskan daging ikan tenggiri, bawang putih dan air es dengan menggunakan blender hingga semua bahan halus dan tercampur.

- Tuangkan adonan ikan tenggiri yang sudah halus ke dalam wadah besar, tambahkan tepung sagu, aduk dan uleni adonan pempek kapal selam sampai kalis dan tidak lengket hingga dapat dibentuk.

- Bagi adonan menjadi beberapa bagian masing-masing bagian beratnya sekitar 100 gr.

- Bentuk setiap adonan menjadi bulatan besar, buatlah cekungan dibagian tengah adonan. cekungan yang dibuat sebaiknya memanjang dan bukannya melebar. tekan-tekan bagian dinding kantung adonan agar menjadi padat dan kantung semakin besar.

- Tuangkan 1 butir telur ayam ke dalam cekungan adonan. usahakan untuk menggunakan telur ayam yang berukuran kecil. rapatkan ujung kantung adonan sampai benar-benar tertutup rapat, agar telur tidak tumpah.

- Jika semua adonan sudah selesai dibentuk langkah selanjutnya adalah dengan merebus adonan pempek sampai mengapung, angkat dan tiriskan.

- Goreng pempek yang sudah direbus hingga berwarna kuning kecoklatan.

- Langkah selanjutnya yaitu membuat kuah cuko. rebuslah semua bahan cuko hingga mendidih. cicipi kuah, dan pastikan rasanya manis, asam dan pedas. jika rasanya sudah pas. angkat kuah dan saring.

- Pempek kapal selam sudah dapat anda sajikan dan anda nikmati bersama kuah cuka

Sekian dulu artikel tentang Resep pempek kapal selam pempek isi telor semoga bermanfaat bagi anda semuanya dan kunjungi terus blog less-love untuk menyimak berbagai info bermanfaat.

Resep Pempek Kapal Selam Pempek Isi Telor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku