Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Tuesday, 29 December 2015

Bahasa Arab dan Artinya

Bahasa arab dan artinya. Bahasa arab termasuk bahasa kuno dengan pembicaranya yang saat ini adalah terbanyak kedua atau ketiga setelah bahasa Inggris. Ada banyak pendapat mengenai asal usul bahasa arab menurut ahli bahasa arab dan mereka yang mengetahui arti bahasa arab, beberapa ahli bahasa arab mengatakan bahwa Ya’rub merupakan orang pertama yang berbicara dengan bahasa arab, oleh karena itu bahasa arab inipun dinamakan dengan namanya (Ya’rub), maksudnya kata “arab” terambil dari nama laki-laki tadi (Ya’rub).
bahasa arab dan artinya

Sebagian ahli bahasa arab dan yang mengetahui artinya mengatakan bahwa sesungguhnya bahasa arab adalah bahasa Nabi Adam di surga dan dibawa sampai ke dunia, sebagian pakar bahasa arab dan artinya mengatakan bahwa Nabi Ismail pertama kali membuka lisan beliau dengan kosakata bahasa arab dan beliau lupa akan bahas nenek moyang beliau (yang beliau ingat hanya bahasa arab, argument ini lumayan kuat karena berdasarkan sebuah riwayat (hadits).(Lihat buku al-Mufassal fi Tarikh al-Arab Qablal Islam oleh Jawad Ali, artinya dalam bahasa Indonesia “Lebih Detail tentang Sejarah Bahasa Arab Sebelum Kedatangan Islam”). Coba lihat juga bahasan menarik tentang bahasa arab di wikipedia.

Sejarah bahasa arab sebenarnya sangat erat kaitannya dengan budaya bangsa arab sebelum kedatangan Islam, bahasa arab ketika itu sudah menjadi budaya bangsa arab, artinya bahasa arab telah menjadi lisan bangsa arab termasuk ketika mereka menggubah syair-syair jahili yang sampai sekarang sebaginnya tersimpan dalam berbagai khazanah buku-buku berbahasa arab. Tepat pada abad ke 7 Masehi al-Qur’an pun turun dengan memakai bahasa arab.

Bahasa Arab dan Artinya

Bahasa arab sebagaimana bahasa yang lain, diterjemahkan dalam bahasa lain, termasuk dengan adanya al-Qur’an berbahasa arab dan artinya dalam bahasa-bahasa dunia tak terkecuali dalam bahasa Indonesia. Satu hal yang layak diperhatikan bahwa penerjemahan/pengartian bahasa arab (dalam hal ini al-Qur’an) ke bahasa kedua atau ke bahasa lain hanya sebatas pengartian/penerjemahan tafsiriah, artinya penerjemahan/pengartian yang sifatnya menafsirkan isi kalimat-kalimat yang ada dalam al-Qur’an itu bukan penerjemahan satu kata bahasa arab dengan artinya secara tekstual ke bahasa ke dua.

sebagai contoh:

dalam ayat:

وإن أردتم استبدال زوج مكان زوج...

Ini teks bahasa arabnya, jika kita artikan secara tekstual maka artinya:”Jika kalian ingin mengganti istri dengan sitri yang lain…” Jika kita perhatikan dengan mengartikan memakai redaksi ini bisa jadi menyebabkan pemahaman yang salah, karena dalam islam memngganti istri dengan perempuan lain begitu saja tanpa proses pernikahan tentu tidak boleh. Dari itu artia yang tepat bisa diartikan dengan terjemahan tafsiriyyah dengan mengartikannya : “Jika kalian (para suami) ingin menceraikan istri kalian, dan menikahi wanita lain sebagai istri kalian….(ayat ini dalam surat an-Nisa : 20).

Belajar Bahasa Arab

Dewasa ini bahasa arab sudah mulai dipakai secara luas, bahkan bahasa arab sudah mulai menjadi bahasa internasional selain bahasa inggris, artinya tidak seperti zaman dahulu bahasa arab dianggap bahasa pesantren dan bahasa kitab kuning saja.

Di antara hal yang sangat penting saat mempelajari bahasa arab adalah penguasaan kosakata bahasa arab dan artinya, oleh karena itu berikut ini kami bawakan bahasa arab dan artinya dalam bentuk kosakata:

ماء زمزم  kalimat bahasa arab dan artinya adalah air zamzam

مساجد المسلمين kalimat bahasa arab dan artinya : masjid-masjid kaum muslim

جمهورية إندونيسيا kalimat bahasa arab artinya republik indonesia

أحبك   kalimat bahasa arab artinya aku cinta kamu

صباح الخير   kalimat bahasa arab artinya selamat pagi

بلدة ماليزيا   kalimat bahasa arab dan artinya negara malaysia

بلدة روسيا   bahasa arab dan artinya negara rusia

الأمم المتحدة bahasa arab dan artinya perserikatan bangsa-bangsa (PBB), United Nations

الولايات المتحدة   bahasa arab artinya Amerika Serikat (USA)

بلدة هولندا   bahasa arab dan artinya negara belanda

بلدة انجلترا   bahasa arab dan artinya negara inggris

شكرا   bahasa arab dan artinya terima kasih

أشكرك   bahasa arab dan artinya adalah aku berterima kasih kepadamu

مساء الخير   bahasa arab dan artinya adalah selamat sore

الديون kata bahasa arab artinya hutang-hutang

دين النصرانية bahasa arab artinya agama nasrani/kristen

بوذية   bahasa arab artinya agama budha

هندوس   bahasa arab artinya agama hindu

اليهودية   bahasa arab artinya yahudi

Bahasa Arab dan Artinya (Tips Belajar Bahasa Arab)

Belajar bahasa Arab dengan Dibimbing Guru

Walaupun sebagain mengatakan “Belajar bahasa arab saja sendiri ndak perlu guru, cukup lihat bahasa arab dan artinya saja cukup…” menurut kami pernyataan ini kurang tepat, artinya belajar bahasa arab memerlukan guru sebagaimana mempelajari ilmu-ilmu lainnya. Tatkala kita salah misalnya dalam mengartikan satu kata bahasa arab, maka ada yang akan meluruskan dan memberikan arti bahasa arab dalam bahasa kita dengan benar.

Maksimalkan Hafalan Kosa Kata Bahasa Arab dan Artinya

Walaupun hal ini bukanlah hal utama dan pertama yang harus dilakukan, pengalaman kami dalam mempelajari bahasa arab, justru jika kita hanya menghafal kosakata bahasa arab dan artinya sebagai hal yang utama dan pertama tidak aka nada hasilnya, ibarat seseorang yang punya ban motor dan ingin naik motor, ia tak akan bisa punya motor kalau hanya ada bannya saja, motor itu harus lengkap semua komponennya, harus ada ban, mesin dan seterusnya. Begitu juga bahasa arab dan artinya (menghafalnya) adalah salah satu unsur saja yang bisa membuat kita bisa berbahasa arab, namun masih banyak unsur yang lain yang harus disempurnakan. Maksudnya jangan hanya menghafal mufradat bahasa arab dan artinya lalu anda akan mahir dalam sekejap berbahasa arab.

Pakai Buku Bahasa Arab Utk Non Arab 

Mempelajari bahasa arab dengan langsung mengetahui artinya atau arti kalimatnya sebenarnya kurang bagus, yang lebih bagus adalah belajar bahasa arab dengan buku bahasa arab yang tanpa arti atau terjemahan, sudah banyak buku-buku muqarrar (kurikulum) bahasa arab tanpa artinya yang sudah diterbitkan dewasa ini, misalnya anda bisa memakai Durus Lughah (muqarrar resmi universitas Islam Mainah), kemudian bisa juga al-Arabiyyah Baina Yaidaik, Silsilah Ta’lim Lughah al-Arabiyyah dan lain sebagainya. Buku-buku ini dibuat bagi para muslimin yang ingin belajar bahasa arab dan dia bukan orang arab. Artinya buku-buku ini memang dikhususkan bagai orang jam (non arab) yang mau belajar bahasa arab.

Segera Praktekkan Bahasa Arab Anda

Lantaran kita tinggal dan domisili di negeri non Arab, pastinya agak susah memang menemukan dan mendapatkan orang yg sanggup kita ajak dan join buat bercakap-cakap atau berbicara serta berbincang dgn memakai bahasa Arab. Di sini lah bakal terasa sekali gunanya bagi kita untuk berkomunitas. Tak muluk-muluk sekedar hanya sebagai sohib berbicara, berbagi hingga tanya hal-hal yg belum anda pahami mengenai bahasa Arab dan artinya. 

Di era moderen seperti zaman kita ini, medsos (semisal facebook, twitter, google plus dan lain sebagainya) & fasilitas semisalnya barangkali mampu jadi solusi utk menemukan komunity/populasi yg kami singgung tadi artinya anda bisa dapatakan komunitas orang belajar bahasa arab di medsos tadi.

Jangan Pernah Putus Asa

Sebagian orang yang mempelajari bahasa arab dan artinya menemui kegagalan karena mereka terlalu cepat putus asa, memang dalam mempelajari bahasa arab banyak komponen dan cabang bahasa arab ini yang harus dipelajari, sebagaimana yang kami katakana tadi bukan hanya kosakata bahasa arab dan artinya saja, tapi juga ada ilmu nahwu (grammarnya kalau dalam bahasa inggris, ilmu sharaf (ilmu mengetahu akar kata bahasa arab dan artinya) dan lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan kesabarab dan ketelatenan dalam mempelajari bahasa arab dan artinya ini.

Demikian artikel yang kami beri judul bahasa arab dan artinya ini kami tulis dengan harapan dapat memberi pencerahan bagi anda yang sedang belajar bahasa arab.

Bahasa Arab dan Artinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 komentar:

Post a Comment