Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Sunday 20 December 2015

Biografi Syaikh Sudais

Biografi syaikh sudais. Syaikh sudais nama lengkap beliau adalah syaikh abdurrahman as sudais, beliau adalah imam dan khatib resmi masjidil haram makkah al mukarramah saudi arabia, beliau menamatkan hafalan alquran ketika umur beliau belum genap 12 tahun.

Beliau lahir di sebuah tempat di saudi arabia bernama al bakiriyah tepatbpada tahun 1382 h, al bakiriyah adalah sebuah distrik saudi yang berada di bawah provinsi al qashim. Beliau diberi perhatian yang lebih oleh sang ayah atau orang tua beliau, dan orang tua beliau sangat bersemangat melihat beliau menghafal al quran, sehingga dalam usia yang masihnkecil beliau dimasukkan oleh orang tua beliau ke tempat tahfidz sehingga belum genap usia beliau 12 tahun, al quran 30 juz sudah beliau hafal. biografi syaikh sudais

Beliau mendapatkan gelar licence (strata 1) dari ma’had al ilmi di kota riadh saudi arabia, ketika itu beliau lulus dengan nilai mumtaz (cumlaude), selanjutnya beliau meneruskan studi beliau ke universitas imam muhammad ibnu suud jurusan/fakultas syariah, beliaupun berhasil menggondol gelar majestir dengan derajat mumtaz (summa cumlaude), ketika itu tesis yang beliau garap berjudul al wadih fi usul al fiqh li abil wafa bin aqil: dirsah wa tahqiq (penelitian terhadap kitab al wadih fi usul al fiqh karya ibnu aqil) beliaupun lulus dengan predikat summa cumlaude. Selanjutnya beliau melanjutkan studi beliau ke universitas ummul qura saudi arabia, beliau berhasil meraih gelar doktor juga dengan predikat summa cumlaude.

Beliau sekarang ini menjadi imam sekaligus khatib tetap di majidil haram makkah al mukarramah, beliau di kenal luas oleh masyarakat islam internasional, di samping karena beliau adalah imam besar masjidil haram belaiu juga di kenal rajin mengunjungi berbagi negara islam di dunia dan di berbagi benua termasuk beliau juga pernah mengunjungi negara kita indonesia. biografi syaikh sudais

Syaikh Sudais termasuk ulama yang dikenal dekat degngan keluarga kerajaan, banyak orang yang rindu ingin berjumpa dengan beliau, salah satu kejadian yang masih teringat adalah tatkala beliau menjadi imam saat melakukan sholat fardhu, saking cintanya orang-orang kepada bliau, ada seseorang yang menggunakan kesempatan tersebut untuk bertemu dengan syaikh sudais, namun waktu itu dilerai oleh pihak security yang menjaga syaikh sudais.

Ketika beliau menukiskan disertasi beliau saat menempuh pendidikan beliau di strata 3, disertasi beliau dibimbing oleh syaikh abu syamah. Saat itu disertasi syaikh sudais di munaqosyah oleh salah seorang pribadi yg cukup terkenal di dunia islam yaitu syaikh abdul muhsin at turki.

Pada tahun 1433, syaikh sudais di angkat sebagai ketua pelaksana urusan dua tnah suci masjidil haram dan masjid an nabawi sebagai pengganti dari syaikh abdur rahman al hushain, syaikh sudais lantas di angkat juga sebagai guru besar universitas islam ummul qura makkah al mukarramah. Dan beliau juga saat ini bekerja sebagai direktur universitas ilmun pengetahuan dunia atau yang dikenal dengan at talim an bu’din (belajar dari jauh).
Dalam biografi syaikh sudais ini juga tak lupa kami sebutkan bahwa syaikh sudais mendapatkan prize atau penghargaan sebagai salah satu tokoh islam paling menonjol seluruh dunia yang diberikan oleh panitianya yang ada di Dubai tepatny pada tahun 1422 h. Demikian artikel kami tentang biografi syaikh sudais.

Biografi Syaikh Sudais Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ehwah

0 komentar:

Post a Comment