Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Wednesday, 2 December 2015

nama hari dalam bahasa arab dan artinya

nama hari dalam bahasa arab dan artinya. Sobat-sobat sekalian pada kali ini admin akan membahas tentang nama-nama hari dalam bahasa arab, perlu kalian ketahui, ternyata nama-nama hari yang kita gunakan sehari-hari ternyata memang diambil dari bahasa arab, sebagai contoh hari ahad, dalam bahasa arab ahad artinya satu maksudnya disini adalah hari pertama, yang selajutnya adalah hari senin yang dalam bahasa arab disebut al-itsnaini yang berasal dari kata itsnaani yang artinya dua,al-itsnaini maksudnya hari yang kedua.hari selasa dalam bahasa arab ats-tsulatsa yang berasal dari kata tsalatsah yang artinya tiga, ats-tsulatsa maksudnya hari ketiga, selanjutnya hari rabu dalam bahasa arab adalah al-arbi’au yang berasal dari kata arba’ah yang artinya empat, al-arbi’au maksudnya hari yang ke empat. hari kamis dalam bahasa arab adalah al-khamiis yang berasal dari kata khamsah artinya lima, dan alkhamiis maksudnya adalah hari yang kelima. Baca Juga : angka dalam bahasa arab
nama hari dalam bahasa arab dan artinya

Adapun hari jum’at merupakan hari yang mulia bagi umat islam yang memiliki kekutamaan-keutamaan yang banyak dibandingkan hari-hari selainnya. dan selanjutnya adalah hari sabtu, dalam bahasa arab disebut as-sabtu yang berasal dari kata sab’ah yang artinya tujuh, as-sabtu maksudnya adalah hari yag ketujuh. berikut ini nama-nama hari yang biasa kita gunakan sehari-hari.

nama hari dalam bahasa arab dan artinya

Hari-hari dalam seminggu ( artinya ) : ayyamul usbu’i أَيَّامُ الْأُسبُوعِ :

Ahad / Minggu ( artinya ) : al-ahadu الْأَحَدُ :

Senin ( artinya ) : al-itsnaini الْإِثْنَيْنِ :

Selasa ( artinya ) : ats-tsulatsaau الثُلَاثَاءُ :

Rabu ( artinya ) : al-arbi’aau الْأَربِعَاءُ :

Kamis ( artinya ) : al-Kamiisu الْخَمِيْسُ :

Jum’at ( artinya ) : al-jumu’atu الْجُمُعَةُ :

Sabtu ( artinya ) : as-sabtu السَّبتُ :

Nah, bagaimana sobat, kalian sudah tahu kan ternyata bahasa Indonesia memiliki kaitan erat dengan bahasa arab yang merupakan bahasa bagi orang orang islam. 

Sekian dulu artikel bahasa arab tentang nama hari dalam bahasa arab dan artinya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

nama hari dalam bahasa arab dan artinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 komentar:

Post a Comment