Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Wednesday, 23 March 2016

Isim maushul dalam bahasa arab

Isim maushul dalam bahasa arab. Pembahasan kali ini berkaitan dengan isim tepatnya tentang isim maushul atau al-Asma’ al-Maushulah. Terlebih dahulu kita akan membahas tentang pengertian isim maushul. Isim maushul adalah isim yang menunjukkan atas tunjukan tertentu dengan perantara kalimat yang datang setelahnya, dan jumlah (kalimat) yang datang setelah isim maushul ini disebut dengan silah al-Maushul (Silatul Maushul).
Isim maushul dalam bahasa arab

Isim maushul itu dibagi menjadi 2 bagian : ada yang disebut isim maushul yang khos (khusus) dan ada juga yang disebut isim maushul musytarak (umum).

Pertama-tama pada artikel ini kita akan membahas mengenai isim maushul yang khos atau khusus, isim maushul yang khos atau khusus adalah isim maushul yang bisa mufrad, mutsanna, jama, mudzakkar dan mu’annats sesuai dengan kalimat. Berikut ini adalah macam-macam isim maushul yang khusus:

الذي

Alladzi, dipakai untuk mufrad mudzakkar. 

اللذان و اللذين

Alladzani dan Alladzaini untuk mutsanna mudzakkar.

الذين

Alladziina untuk jamak mudzakkar yang berakal (manusia).

التي

Allati untuk mufrad mu’annats

اللتان واللتين

Allatani dan Allataini untuk mutsanna mu’annats

اللاتي و اللواتي و اللائي

Allaati, Allawati dan Alla’I semuanya (tiga-tiganya) untuk jamak mu’annats.

الألى

Alula untuk jamak secara umum (baik berakal maupun tidak).

Kedua adalah isim maushul yang musytarak (umum), isim maushul musytarak adalah isim maushul yang berlaku untuk semua, baik mu’annats, mudzakkar, mufrad, mutsanna maupun jamak, isim maushul musytarak ini ada beberapa macam, sebagai berikut:

ما- من- ذو- ذا- أيّ.

Kemudian selanjutnya kita akan contohkan untuk penggunaan isim maushul musytarak di atas:

من 

Man, isim maushul musytarak untuk yang berakal (al-Akil)-baik yang mufrad, mutsanna maupun jamak dan baik untuk yang mu’annats dan mudzakkar-, contohnya:

فاز من عمل صالحا و من عملت صالحا و من عمل صالحا و من عملتا صالحا و من عملواصالحا

ما

Maa, isim maushul musytarak untuk yang tidak berakal atau benda mati -baik yang mufrad, mutsanna maupun jamak dan baik untuk yang mu’annats dan mudzakkar-, contoh penggunaannya:

استعمل ما شئت من القميص


ذو- ذا- أيّ

Selanjutnya, Dzu, Dzaa dan Ayyu, contohnya:

من ذا يذهب معك إلى السوق؟

Isim maushul khos diirab sesuai dengan posisinya dalam kalimat, terkadang jadi fa’il, maf’ul dan kadang juga bisa jadi mubtada’.

Isim maushul membutuhkan silah al-Maushul dan A’id. Jumlah silah al-Maushul atau Silatul Maushul adalah kalimat yang datang setelah isim maushul, contohnya dalam kalimat:

ذهب الذي ضربته

Dan silah al-Maushul ini selalu dii’rab dengan : la mahalla lahu minal I’rab.

Adapun yang dimaksud dengan A’id adalah sebuah dhamir (kata ganti) yang kembali kepada isim maushul dan jumlah silah al-Maushul itu mengandung dhamir ini. Contoh penggunaannya dalam jumlah mufidah:

تحدث عما ينفعك

Di dalam kalimat di atas ada isim maushul yaitu : maa, ada juga jumlah silah al-Maushul yaitu kalimat amma yanfa’uka, dan di dalamnya juga ada A’id yaitu dhamir huwa yang kembali kepada isim maushul. 20 Kosakata Bahasa Arab dan Artinya

Demikianlah bahasan tentang isim maushul dalam bahasa arab yang bisa kami ulas semoga bermanfaat.

Isim maushul dalam bahasa arab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 komentar:

Post a Comment