Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Saturday, 30 April 2016

Kitab Jaami’ ad-Durus al-Arabiyyah Oleh Syaikh Musthafa al-Gulayini

Salah satu kitab pengajaran bahasa arab yang juga sangat bagus dan bisa diandalkan sebagai rujukan untuk mempelajari kaidah bahasa arab : nahwu dan sharaf adalah kitab yang disusun oleh Syaikh Mustahafa al-Gulayini yang beliau beri judul “Jami’ ad-Durus al-Arabiyyah”. Kitab ini termasuk kitab referensi bagi yang ingin mempelajari dan memahami bahasa arab lebih mendalam terutama bagi para mahasiswa yang sudah memiliki pengetahuan dasar bahasa arab, berikut identitas kitab “Jami’ ad-Durus al-Arabiyyah” secara lengkap:
Kitab Jaami’ ad-Durus al-Arabiyyah Oleh Syaikh Musthafa al-Gulayini

Nama Kitab: “Jaami’ ad-Durus al-Arabiyyah”جامع الدروس العربية للغلاييني

Nama Pengarang: Syaikh Mustafa al-Gulayini

Jumlah Jilid : Sebanyak 3 (tiga) jilid tipis (tidak terlalu tebal), biasanya dicetak langsung satu eksemplar tebal dengan membuat tiga jilid tadi seperti cetakan bagus penerbit Dar al-Kutub al-Ilmiyyah Beirut Lebanon (kalau tidak salah cetakan tahun 2002 dengan warna cover hijau).

Kitab Jaami’ ad-Durus al-Arabiyyah dicetak sebagaimana yang kami katakana tadi dalam tiga jilid, di mana pada kitab ini penyusun mengumulkan berbagai bahasan tentang kaidah-kadah nahwu dan sharaf, pembahasan tentang kaidah nahwu dan sharaf yang sangat dibutuhkan oleh setiap pelajar dan guru bahasa arab sekalipun, membahas dengan tuntas dan dengan bahasa yang mudah dicerna berbagai kaidah bahasa arab yang selalu dibutuhkan. Maka jadilah kitab Jaami’ ad-Durus al-Arabiyyah sebagai rujukan bagi setiap orang yang ingin memperdalam ilmu kaidah bahasa arab.

Sekilas Tentang Kitab Jami’ ad-Durus al-Arabiyyah Oleh Syaikh al-Gulayini

Kitab Jaami’ ad-Durus al-Arabiyyah yang berjumlah 3 juz/jilid ini mengandung 12 bab dan pokok bahasan penting diakhiri dengan bab penutup atau khatimah.

Bab satu/pertama berisi tentang macam-macam fiil dan pembagiannya, Bab kedua berisi tentang pembahasan mengenai isim (kata benda) dan pembagiannya, Bab ketiga berbicara tentang tashrif fiil dan hal yang berkaitan dengannya, Bab keempat berisi pembahasan tentang tashrif isim, kemudian pada Bab kelima mu’allif atau pengarang berbicara tentang Tashrif yang mirip / bersamaan musytarak antara isim dan fiil, Bab yang keenam berisi penjelasan panjang lebar tentang I’rab fiil, kemudian selanjutnya ke-7 bersisi mengenai I’rab isim (kata benda), Bab kedelapan membahas tentang Isim-isim yang marfu’, Bab selanjutnya Syaikh Mustafa al-Ghulayini membahas tentang Isim-isim yang manshub, pada Bab kesepuluh pengarang kitab Jaami’ ad-Durus al-Arabiyyah berbicara mengenai Isim-isim yang majrur, selanjutnya pada Bab kesebelas beliau membahas tentang at-Tawaabi’ dan I’rabnya, kemudian selanjutnya pada Bab terakhir beliau membahas mengenai Huruf-huruf Ma’ani. Dan setelah itu beliau tutup bahasan kitab dengan bab Khatimah atau penutup. Bisa Dibaca Juga : Kitab Durusul Lughah al-Arabiyyah Terbitan Jaamiah al-Islamiyyah

Kitab ini bisa anda peroleh secara gratis dalam bentuk pdf di berbagi situs sharing pdf seperti di archive. org dab lainnya, berikut beberapa link yang bisa anda pakai untuk mendownload kitab Jaami’ ad-Durus al-Arabiyyah secara gratis dan dijamin bermanfaat:

Untuk jilid I : https://archive.org/download/WAQ33751/01_33751.pdf

Untuk jilid II : https://archive.org/download/WAQ33751/02_33751.pdf

Untuk mengunduh jilid III : https://archive.org/download/WAQ33751/03_33751.pdf

Cover : https://archive.org/download/WAQ33751/00_33751.pdf

Untuk mengunduh versi Maktabah Syamilah bisa di sini : http://shamela.ws/books/032/3284.rar

Demikianlah yang bisa kami sampaikan saat ini mengenai review kitab Jaami’ ad-Durus al-Arabiyyah dan semoga bermanfaat.

Kitab Jaami’ ad-Durus al-Arabiyyah Oleh Syaikh Musthafa al-Gulayini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 komentar:

Post a Comment