Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Monday, 23 May 2016

Kamus Bahasa Arab Modern : Mu’jam al-Lughah al-Arabiyyah al-Mu’ashirah

Apa kabar semuanya, ketemu lagi dengan kami admin less-love blogspot co id, untuk review kitab kali ini kami akan membawakan tentang kamus bahasa arab mu’ashir / modern, banyak istilah maupun kosakata baru yang muncul dan ini merupakan suatu hal yang wajar dalam fenomena suatu bahasa di dunia, begitu pula halnya dengan pergeseran makna suatu kata dalam suatu bahasa tak terkecuali bahasa arab, baik perubahan atau pergeseran itu sifatnya generalisasi (perluasan makna) atau pun spesialisasi (penyempitan makna) akibat berbagai faktor yang mempengaruhinya, terkadang karena perubahan zaman dan faktor lainnya.
Kamus Bahasa Arab Modern : Mu’jam al-Lughah al-Arabiyyah al-Mu’ashirah

Nah, kali ini kamus yang akan kita bahas ada kaitannya dengan hal ini, kamus ini bernama “Mu’jam al-Lughah al-Arabiyyah al-Mu’ashirah” (معجم اللغة العربية المعاصرة) kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “Kamus Bahasa Arab Modern”. Sebagaimana namanya kamus ini berisi tentang kata-kata atau mufradat bahasa arab baru yang muncul untuk menjawab keadaan zaman atau kata-kata atau mufradat bahasa arab lama yang mengalami pergeseran makna dan arti. Baca : Download Kamus Bahasa Arab al-Munawwir Digital

Nama Kamus : Mu’jam al-Lughah al-Arabiyyah al-Mu’ashirah (معجم اللغة العربية المعاصرة)

Nama Penyusun : Ahmad Mukhtar Umar.

Penerbit : PT Alamul Kutub, Kairo Mesir

Tahun Terbit : Tahun 2008 M/ 1429 H, cet, pertama.

Jumlah Jilid : 1 Jilid saja.

Jumlah halaman : 3367 halaman.

Tempat Download pdf-nya: Ada di bawah nanti.

Ketika saya membuka kamus ini Mu’jam al-Lughah al-Arabiyyah al-Mu’ashirah (معجم اللغة العربية المعاصرة) kebetulan yang kami buka pas pada kata bahasa arab “ustadz” (أستاذ), kata ustadz yang kita tahu maknanya adalah guru atau pengajar yang memiliki murid yang diajar, itu saja. Namun ternyata kata ini mengalami pergeseran makna menjadi agak lebih luas lagi, coba perhatikan makana kata “ustadz” dalam kamus ini, penyusun mengatakan:
Kamus Bahasa Arab Modern : Mu’jam al-Lughah al-Arabiyyah al-Mu’ashirah

Saya terjemahkan teks bahasa arab dari kitab Mu’jam al-Lughah al-Arabiyyah al-Mu’ashirah di atas:

Kata “Ustadz” adalah (mufrad : bentuk tunggal/singular), jamak taksirnya : “ustadzuun”, “asaatiidzah”, bentuk mu’annatsnya : “ustadzah”, jamak taksirnya “ustadzaat.” (Makna/artinya):

1.Mu’allim (pengajar/guru) yaitu mereka yang memiliki profesi mengajarkan disiplin ilmu tertentu, seperti: guru Matematika, contohnya dalam kalimat bahasa arab :

وكم من تلميذ فاق أُستاذه

Betapa banyak murid yang melebihi “ustadz”-nya dalam keilmuan. Kata ustadz di sini maksudnya adalah guru/pengajar biasa.

2.Makna kedua: Kata “ustadz” adalah gelar akademik perguruan tinggi yang terbagi menjadi beberapa tingkatan yaitu:

Ustadz Musa’id : (Saya (adim) mengatakan: Ustadz Musa’id adalah Gelar akademik yang diberikan untuk dosen yang baru meniti karir sebagai pengajar di perguruan tinggi/jaami’ah/universitas, dalam bahasa Inggris disebut: Assistant Professor).

Ustadz Musyaarik : (Gelar akademik setingkat lebih tinggi dari Ustadz Musa’id, kalau dalam bhs.Inggrisnya disebut dengan Associate Professor atau kalau tidak salah disebut juga Senor Lecturer alias dosen senior).

Ustadz Kursiy : (Gelar akademik tertinggi bagi seorang pengajar perguruan tinggi, padanan kata dari Professor (guru besar) kadang hanya disebut dengan istilah “Ustadz” saja, jadi jangan aneh ya kalau ke timur tengah terus denger orang nyebut ustadz, itu maksudnya professor, hehehe :)).

Ustadz Zair : (Dosen tamu) Dosen yang diundang untuk menyampaikan kuliah di fakultas tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Utadz Ghairu Mutafarrigh : Dosen yang kesehariannya mengajar dan melakukan penelitian dan riset namun ia kadang memangku jabatan structural di sebuah universitas.

3.Gelar kehormatan yang kadang diberikan bagi para ilmuan dan praktisi baik dari kalangan penulis buku, para penyair terkenal, pengacara ternama dan lainnya, contoh kalimatnya:

كان الأستاذ العقّاد أديبًا وشاعرًا وناقدًا

Ustadz Al-Aqqad adalah seorang ahli sastra, penyair dan kritikus.

4.Ahli music.

Anda bisa melihat bahwa kata “Ustadz” yang dahulunya hanya bermakana pengajar atau guru, sekarang ini mengalami pelebaran dan perluasan makna, kadang bermkna guru biasa, kadang bermakna dosen degan sekian banyak derajat dan tingkatannya, kadang bermakna ahli music dan seterusnya.

Kamus modern bahasa arab ini amat sangat penting untuk anda miliki terutma bagi anda yang kesehariannya bergulat dengan bahasa arab modern dengan berbagai bidangnya, saat anda membaca surat kabar atau Koran berbahasa arab misalnya kosakata bahasa arab modern mutlak diperlukan untuk memahami kata-kata yang ada.

O ya untuk link download kitab Mu’jam al-Lughah al-Arabiyyah al-Mu’ashirah format pdf (Kamus Bahasa Arab Modern pdf), bisa anda unduh melalui situ archive.org di sini:

https://archive.org/details/waq99366

Sekian dulu ulasan kami tentang Mu’jam al-Lughah al-Arabiyyah al-Mu’ashirah, semoga ada manfaatnya dan terima kasih.

Kamus Bahasa Arab Modern : Mu’jam al-Lughah al-Arabiyyah al-Mu’ashirah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 komentar:

Post a Comment