Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Tuesday, 30 June 2015

Resep lunpia semarang gang lombok enak

Resep lunpia semarang gang lombok enak
Resep lunpia semarang gang lombok enak- Oleh-oleh yang tidak boleh dilupakan saat pergi ke Semarang salah satunya adalah lumpia rebungnya. Di Semarang memang pusatnya makanan rebung yang biasa dijadikan cemilan lezat asli Semarang. Rebung adalah jenis sayuran yang berasal dari tanaman bambu yang diambil untuk dikonsumsi adalah ujung tanaman atau tunas bambu yang sangat muda, bagian lni dipotong dan inilah yang kemudian kita kenal sebagai rebung.
Memang rebung adalah bahan yang memberikan bau pesing tak sedap, tapi setelah diolah dengan baik dan benar akan menjadi makanan yang nikmat. Kami memiliki tips agar rebung tidak bau pesing lagi saat akan dimasak. Cara mengurangi bau pesing tersebut adalah dengan semakin sering merendam rebung dan mengganti ai rendamannya. Saat perendaman bisa ditambahkan air cuka makan atau air perasan jeruk nipis. Tujuan penambahan asam ini adalah untuk menetralisir senyawa amoniak yang bersifat basa. 
Cara lain adalah dengan mengukus rebung sehingga cairan rebung akan keluar dari ‘tubuhnya’ atau merebusnya berulang kali (3-4 kali) lalu membuang air rebusannya sebelum dimanfaatkan untuk dibuat isi lumpia atau makanan lain. Bila Anda ingin membuat lumpia sendiri, kelezatannya dipengaruhi pula oleh rebung yang Anda pilihlah  rebung yang berkualitas baik.
Setelah rebung dijadikan sebagai bahan isi lumpia, dapat memberikan kelezatan tersendiri saat dimakan. Terlebih dengan dilengkapi saus tauco yang nikmat, bakal menambah selera makan kita. Yang membedakan lumpia rebung dengan lumpia lainnya adalah isi dan sausnya. Lumpia rebung isinya sudah pasti rebung dan ayam, udang, dll sedangkan lumpia lainnya kebanyakan isinya wortel, kentang, toge, dll. Sambal lumpia rebung yang khas adalah saus tauco yang kental.
Cita rasa yang nikmat dari lumpia rebung dapat membuat kita ketagihan untuk memakannya. Selain enak Lumpia rebung juga sangat cocok disajikan saat pagi, siang, malam ditemani teh manis hangat atau kopi panas. Selain itu juga sangat cocok untuk sajian di acara-acara penting dan istimewa.
Dari pada kita jauh-jauh ke Semarang untuk dapat menikmati lumpia rebung khas semarang, terlebih jika di daerah anda belum ada yang menjual lumpia rebung khas semarang, yuk kita membuat sendiri saja di rumah. Kami akan berbagi resep step by step cara membuat lumpia rebung yang enak ala semarang.
Rasa lumpia rebung semarang rasanya gurih, manis, dan pedas jika suka. Silahkan simak terus resep dari kami dibawah ini. Berikut Resep lunpia semarang gang lombok enak khas dari Semarang. Silahkan simak baik-baik dan selamat mencobanya.
Resep lunpia semarang gang lombok enak


Bahan Lumpia Rebung :
  1. 250 gram rebung, rebus, iris halus
  2. 3 sdm minyak goreng
  3. 4 siung bawang putih, haluskan
  4. 5 butir bawang merah, haluskan
  5. 200 ml air
  6. 200 gram udang rebon, rendam air hangat, tiriskan
  7. 100 gram wortel, diiris dadu kecil
  8. 2 batang daun bawang, iris halus
  9. ½ sdt merica bubuk
  10. 1 sdt garam
  11. 2 sdm gula pasir
  12. 1 sdm kecap manis
  13. 15 lembar kulit lumpia
  14. 2 sdm tepung terigu, larutkan dalam air 

 Saus  lunpia semarang gang lombok enak

  1. 3 siung bawang putih, cincang halus
  2. 8 buah cabai rawit, iris halus
  3. ½ sdt garam
  4. 1 sdm tauco
  5. 2 sdm irisan gula merah
  6. 1 sdm air jeruk nipis
  7. 2 sdm kecap manis
  8. 200 ml air matang

Cara Membuat Lumpia Rebung :

  1. panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum dan matang. Masukkan air, tambahkan udang rebon, wortel, dan daun bawang. Masukkan bumbu lainnya, aduk-aduk, masak sampai semua bahan matang dan air habis, angkat, dinginkan.
  2. siapkan dua lembar kulit lumpia, ambil dua sendok makan tumisan isi, letakkan di atas kulit lumpia. Lipat kedua sisi kulit lumpia, lalu gulung dan rekatkan dengan larutan tepung terigu.
  3. goreng lumpia sampai kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Sajikan lumpia bersama sausnya.
Demikian tips beserta Resep lunpia semarang gang lombok enak khas Semarang yang istimewa. Anda pasti akan ketagihan untuk menikmatinya. Rasakan kelezatan masakan anda dengan resep dari kami. Bagi anda yang ingin mencoba resep masakan lainnya yang tak kalah nikmat, silahkan buka dan cobalah di dapur kesayangan anda. Sajikan bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba, semoga bermanfaat bunda

baca juga

Cara buat kulit lunpia tipis enak

Resep lunpia semarang gang lombok enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vanesa Cahyani

0 komentar:

Post a Comment