Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Sunday, 1 November 2015

9 Negara yang Paling Panas di Dunia

Negara yang paling panas di dunia. Tidak Sedikit dari negara-negara di beberapa belahan dunia memiliki rekor sejarah dengan julukan negara dengan suhu terpanas sepanjang thn. & di sisi lain yg ada di list/daftar negara yang paling panas di dunia ini rata-rata merupakan negara-negara yg berlokasi di dekat atau bahkan persis di garis khatulistiwa. Disaat bumi mulai berputar, masing-masing dari negara ini memiliki lokasi yg kian dekat dgn matahari sehingga mengakibatkan terjadinya peningkatan suhu panas yang luar biasa dibandingkan dengan negara-negara lain. Berikut daftar negara yang memiliki suhu paling panas di dunia:
9 Negara yang Paling Panas di Dunia

Negara Aljazair

Aljazair dikenal sebagai negara yang paling panas di bandingkan negara-negara lain di dunia. Bahkan tatkala musim dingin, suhunya tetap panas, walaupun sedikit lembab. Pada hari-hari biasa suhu diketahui melebihi 50 derajat celcius di negeri ini. Di negara Aljazair ini juga terdapat sebuah daerah yang disebut sebagian orang sebagai lokasi terpanas di dunia yaitu daerah Aoulef, kota mungil yg berada di perkotaan Aljazair ini merupakan lokasi paling kering di negeri yg juga kering tersebut, bahkan banyak disebut sebagai tempat paling kering di dunia. Seakan hal itu belum cukup, Aoulef pun merupakan lokasi yg teramat panas, & cuma ada satu buah oasis di daerah dengan mayoritas gurun tersebut. Selain itu, cuma terdapat beberapa pohon palm saja yang memisahkan kota dgn gurun yang berada di sekelilingnya.

Negara Libya

Ini negeri dgn luas paling besar nomor 4 di benua Afrika, berlokasi dekat dgn khatulistiwa & dianggap jadi negara paling panas di dunia. Bagian daratan dari wilayah negeri ini sebahagian besar ditutpi oleh hamparan padang pasir nan gersang & panas. Adapun di wilayah ibukotanya yaitu Tripoli, suhu di hari-hari biasa umumnya kurang lebih 30 derajat celcius di musim panas. Ada sebuah angin yang dinamakan angin Ghibli dikenal dapat mengubah suhu jadi kurang lebih 40 derajat celcius hingga 50 derajat celcius. 

Negara Ethiopia

Negeri ini dianggap sebagai salah satu negara yg terpanas di muka bumi. Danakil Depression merupakan gurun dgn lokasi lebih dr 100 m di bawah prmukaan laut. Daerah ini diimbas dgn gelombang panas & juga tremor bumi. Derajat suhu udara di sini dapat meningkat sampai dgn 63 derajat celcius. 

Negara Peru

Negara ini juga termasuk negara kering sehingga suhu udaranya juga menjadi panas, terdapat sebuah daerah dengan derajat panas paling tinggi di negara itu yaitu wilayah yang disebut dengan nama Ica. Distrik Ica terletak di sudut selatan ibu kota Lima, & berbatasan langsung dgn Gurun Atacama. Wilayah berdebu & kering itu dulunya memang tidak kering seperti sekarang ini. Pada thn 2007, para ilmuwan dunia menemukan sebuah bukti fosil dr spesies Pinguin dengan tinggi mencapai 1,2 m yg dahulu mendiami wilayah tersebut. Bahkan saking keringnya suhu udara di daerah ini tak aneh kalau kita menjumpai semacam proses mumi (pengawetan) alami. Lantaran, sisa-sisa dr makhluk hidup yang mati di sana tak dapat terurai tanpa kelembaban. Di sis lain, suhu dan iklim di daerah kota ini mengundang kedatangan orang dgn penyakit asma, di mana dikatakan bhwa gejala asama mereka dapat jauh lebih menurun dan membaik dikala berada di udara kering seperti di daerah Ica tersebut.

Negara India

India menapaki banyak gelombang panas dlam beberapa dekade terakhir ini. Pada thn 2003 silam gelombang panas yang begitu dahsyat sempat menewaskan sedikitnya sebanyak 1.065 jiwa di bagian Selatan negara itu. Pada thn 2010 silam, gelombang panas yg melanda negeri itu menyebabkan efek kerugian besar bagi perekonomian negara dengan mayoritas Hindu itu, di sebelah barat laut, bahkan beberapa bulan silam sebagaimana ramai diberitakan India kembali menghadapi gelombang panas yang maha dahsyat sampai dikabarkan beberapa sarana infrastrukur negara itu memuai akibat derajat panas yang begitu tinggi, di samping berjatuhan ratusan korab jiwa.

Negara Mesir

Negara mesir termasuk negara yang memiliki hawa panas yang tinggi bahkan terdapat setidaknya dua daerah yang mempunyai suhu panas yang tertinggi di dunia yaitu pertama adalah wilayah Luxor. Luxor merupakan lokasi yg tak memperoleh banyak kelembaban. Bahkan dalam musim dingin, angin panas yg dikenal dgn sebutan Khamsiin kadang berhembus masuk dr Gurun Barat yang berdekatan dengan wilayah kota & bisa membawa badai pasir dahsyat pula. Badai pasir kadang dapat terjadi selama 2 hri atau lebih & kecepatan udara bakal mencapai 150 kilometer/jam yg dapat meningkatkan suhu panas sebanyak 20 derajat celcius. & tiap-tiap tetesan hujan yg jarang turun itu, bakal cepat menguap di hawa yg begitu panas itu.

Daerah kedua di negara republik Mesir yang memiliki suhu panas yang lumayan tinggi adalah distrik Aswan. Aswan merupakan nama yg bisa jadi dikenal juga sebagai nama sebuah bendungan. Tapi, memang sepanjang tahun kota ini sangat minim kelembaban. Sementara sekian banyak bagian lain dari negara Mesir memperoleh angin dr laut, Aswan masih panas & kering kerontong sepanjang thn. Kedekatan kota dengan Tropic of Cancer pun memberikan banyak kontribusi pada naiknya suhu tinggi & cuaca kering di wilayah ini. Angin yg bertiup dgn kecepatan 160 kilo meter per jam amat umum berlangsung setiap saat di kota Aswan ini.

Negara Thailand

Negeri ini mempunyai iklim yang di sebut hangat & tropis yg dipengaruhi olh angin tahunan yang begitu panas. Musim panas di negara gajah ini berlangsung antara bln April & Mei. Ibu kota Bangkok sudah terdaftar sbg kota dgn suhu paling tinggi & ekstrim yg meningkat lbih dr 50 derajat celcius. 

Kerajaan Saudi Arabia (KSA)

Pada thn 2010, negara Kerajaan Arab Saudi tertimpa thn panas. bahkan di daerah Jeddah saja suhu melonjak naik sampai 52 derajat celcius. Gelombang suhu panas ini dibarengi dgn curahan badai pasir yang begitu dahsyat. Ini menyebabkan keputusan pemerintah melakukan pemadaman listrik total dan mutlak di sejumlah 8 pembangkit listrik utama di negeri kaya minyak itu. 

Negara Sudan

Negara Sudan termasuk deretan negara-negara terpanas di benua Afrika, suhu yang teramat panas ini memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap kondisi masyarakat di sana baik dari segi mata pencaharian dan lain sebagainya. Salah satu wilayah Sudan yang disebut-sebut merupakan salah satu daerah terpanas di seluruh dunia ialah Wadi Haifa. Berlokasi persis di tengah gurun Sahara, wilayah Wadi Halfa merupakan gambaran wilayah padang pasir yg sempurna. Derajat curah hujan yg teramat rendah & angin yg bertiup begitu kencang mampu mengeringkan hawa subtropis di daerah ini & mempunyai pengaruh yg sangat kuat terhadap daerah-daerah di sekitarnya, yakni menciptakan gurun yg kering & panas.

Demikanlah 9 negara yang paling panas di dunia, semoga bermanfaat.

9 Negara yang Paling Panas di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku