Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Sunday, 1 November 2015

Anak Sakit ? Ini Solusi Mudahnya

Anak Sakit, Ini Solusi Mudahnya. Sudah merupakan hal yang naluriah, seorang ibu akan langsung panik ketika melihat anaknya sakit, rasa kasih sayang yang begitu mendalam menjadi pendorong kekhawatiran yang “berlebih” itu, namun tahukah anda, sebenarnya ada tips dan cara sederhana yang bisa dilakukan oleh seorang ibu ketika sang anak jatuh sakit. Jadi tidak mesti harus langsung ke dokter atau rumah sakit tatkala melihat buah hati kesyangan anda sakit. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.
Anak Sakit ? Ini Solusi Mudahnya

Sakit Pilek dan Hidung Tersumbat

Jika sang buah hati mengidap sakit pilek yang kadang disertai dengan hidung tersumbat, jangan panik, coba anda usahakan agar ia menghirup uap air panas yang terlebih dahulu ditetesi dengan minyak kayu putih atau minyak telon. Jagalah suhu ruangan agar tetap selalu lembab dengan mematikan AC dan menyiapkan ember yang berisi air panas yang sudah ditetesi dengan minyak telon di sudut kamar. Adapun untuk bayi bisa dengan menempelkan di daerah pelipisnya pala yang berbentu bubuk dengan terlebih dahulu ditetesi dengan minyak telon.

Sakit Demam

Untuk mengatasi demam pada anak, berikan baju tipis, kompres dengan memakai air hangat, balurkan bawang merah pada tubuh dan jangan lupa berikan madu dan air kelapa muda.

Sakit Tenggorokan

Saat terjadi sakit tenggorokan pada anak, anak akan condong susah mau makan, karena terasa sakit saat akan menelan makanan. Untuk anak yang sudah mulai besar bisa di atasi dengan menyuruhnya kumur-kumur memakai air hangat yang dicampuri garam, karena air garam terbukti bisa mencegah peradangan dan membasmi bakteri dan kuman yang berada dalam mulut. Minumkan air hangat yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis dan juga madu terbukti bisa mengatasi sakit tenggorokan karena peradangan.

Sakit Batuk

Untuk mengobati batuk pada buah hati anda, bisa dengan memberinya air perasan jeruk nipis dicampur madu atau bisa juga dengan buang belimbing plus madu atau opsi lain yaitu kencur yang diperas dan diberi madu.

Sakit Diare

Ketika menghadapi anak yang tertimpa diare, yang mesti dan seharusnya dilakukan oleh sang ibu adalah memberi si buah hati air putih dalam jumlah banyak sebagai upaya untuk menggantikan cairan yang keluar sehingga dehidrasipun bisa dicegah. Bisa juga memberinya oralit dengan terlebih dahulu mencampurnya dengan air. Begitu halnya dengan daun jambu biji muda, sudah lama dipercaya bisa mengatasi diare dan ingat untuk penderita diare sangat dianjurkan menghindari BRATY (Banana, Rice, Apple, Toast/Roti dan Yogurt).

Sakit Sariawan

Sariawan terjadi karena kurangnya kebersian mulut hingga memicu timbulnya kuman. untuk mengatasi sariawan anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami seperti daun saga. caranya ambil beberapa helai daun saga kemudian tumbuklah hingga halus, tambahkan 2-3 tetes madu, lau tempelkanlah ramuan ini pada sariawan.

Cacingan

Penyakit yang satu ini kerap dialami oleh anak-anak, meski nampak ringan namun jika dibiarkan berlarut-laruk dapat berdampak buruk pada si kecil. untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah, anda dapat menggunakan bahan alami seperti petai, petai mengandung belerang dan tannin yang mampu membunuh cacing di dalam perut serta mengeluarkannya melalui tinja.

Lukaa Lecat

Untuk mengobati luka lecet akibat terjatuh atau luka terkena sayatan pisau, anda dapat memanfaatkan madu untuk mengatasinya. madu dipercaya kaya akan kandungan nutrisi dan berkhasiat sebagai desinfektan. caranya cukup mudah, anda cukup mengoleskan madu murni pada bagian tubuh yang luka, diamkan beberapa menit kemudian ulang kembali hal tersebut hingga beberapa kali dalam sehari.

Bisul

Anak-anak kerap sekali terkena penyakit yang satu ini, untuk mengatasinya anda dapat menggunakan daun bayam duri. caranya ambil beberapa helai daun bayam duri kemudian tumbuk hingga halus dan tambahkan beberapa tetes madu kemudian tempelkan pada bisul. setelah bisul mulai sembuh dan mulai mengering oleskanlah putih telur yang dicampur madu untuk menghilangkan luka bekas bisul hingga kulit si kecil mulus kembali.

Menambah Nafsu Makan

Untuk mengatasi anak yang susuh makan anda dapat memberikan ramuan alami seperti temulawak. anda dapat menambahkan madu pada ramuan ini, perpaduan lengkap dari madu dan temulawak dapat menyehatkan dan meningkatkan nafsu makan buah hati anda.

Anak Sakit ? Ini Solusi Mudahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku