Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Friday, 13 November 2015

Ini Tanaman Palawija yang Menguntungkan

Tanaman palawija yang menguntungkan. Palawija atau secara sederhananya dapat kita katakan sebagai tanaman ke-dua sesudah petani memanen padi, para petani biasa menanam palawija ini sesudah air dianggap tidak cukup lagi utk menanam padi, tidak cuma membutuhkan waktu dan usaha yg lumayan lama tanaman padi juga membutuhkan tidak sedikit air, sehingga irigasipun harus lancar, sementara tanaman-tanaman jenis palawija keadaannya tidaklah demikian, tanaman palawija bakal tumbuh cuma dgn meyiramnya tiap hri, atau kadang tidak perlu disiram, tergantung tingkat kelembapan ataupun jenis tanah yang kita jadikan lahan tanam palawija itu sendiri.
Ini Tanaman Palawija yang Menguntungkan

Bisa Jadi tidak sedikit yg belum tahu apa itu palawija, hal ini disebabkan karena istilah ini jarang dibahas dan biasanya hanya diketahui oleh para petani di pedesaan. Nah, mari kita sedikit bahas sekarang menyangkut tanaman palawija ini. Sebagaimana kami singgung di muka bahwa palawija sebenarnya ialah selingan/tanaman kedua sesudah kita menanman lalu memanen padi, menanam palawija ini selain menguntungkan juga bertujuan memelihara ph lahan tanah kita. Lihat Wikipedia terkait definisi dari kata palawija lebih jauh.

Keuntungan Menanam Palawija

-Memelihara keasaman (Ph) tanah. Tanah yang mengandung unsur H+ dalam kuantitas yang berlebih sehingga mengalahkan kuantitas zat OH- pada tanah itu sendiri, kadar yang tidak seimbang antara H+ dan OH- inilah sebenarnya yang memicu terjadinya derajat keasaman yang tinggi pada tanah yang kita jadikan lokasi cocok tanam, nah terus menerus menanam satu jenis tanaman dalam satu lahan bisa menyebabkan hilangnya keseimbangan 2 zat tadi yang pada gilirannya bisa menyebabkan Ph tanah tadi jadi asam. Oleh karena itu menanam palawija sangat menguntungkan sebagai usaha diversifikasi tanaman yang ditanam pada lahan sehingga membuat Ph tanah menjadi seimbang.

-Menanam palawija tidak membutuhkan air yang banyak. Salah satu keuntungan menanam palawija adalah bahwasanya untuk pemeliharaannya tidak membutuhkan irigasi yang berlimpah layaknya ketika kita menanam padi.

-Menanam palawija bisa menjadi alternatif bisnis yang menguntungkan dan menggiurkan, pasalnya semakin hari kebutuhan dan permintaan masayarakat untuk berbagai tanaman palawija untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari semakin meningkat, hal ini perlu jadi pertimbangan para petani untuk lebih semangat dalam menanam berbagai jenis tanaman palawija, sebagai contoh misalnya tanaman palawija seperti kacang panjang, beberapa hari terakhir di pasaran selalu menjadi buruan para pengecer karena harganya yang tinggi karena kurangnya pasokan.

Jenis Tanaman Palawija yang Menguntungkan

Tanaman Palawija Berupa Mentimun

Tanaman mentimun termasuk tanaman palawija yang menguntungkan jika ditanam secara bagus, anda pasti senang makan buah timun, baik yg sudah disayur ataupun yg belum disayur. terlebih bila buah mentimun itu sudah dibuat dan dibumbui dengan campuran asinan akan menambah cita rasa lezat. 

Timun sebenernya tak termasuk dalam kategori sayuran, namun rata-rata di pakai sebagai lalapan. ibu-ibu di rumah biasa mengolah buah mentimun ini jadi sayur lalapan. Semisal Sayuran tumis timun ataupun acar timun yang lezat. 

Mentimun ini sebenarnya adalah tumbuhan semusim yg tumbuh secara menjalar/merambat bersama sulur2nya yg berbentuk seperti spiral. Tanaman palawija ini tumbuh dengan batang sudut 4 & punya bulu halus, dan daunnya lebar, nyaris menjari dgn ke-2 sisinya yg bergerigi & bulunya halus. Adapun bunganya bentuknya laksana terompet & berkelopak 5 helai, warnanya kuning jelas. Untuk buahnya bentuknya adalah bulat memanjang, buah mentimun dikenal kaya akan berbagai vitamin yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin C, vitamin A dan B.

Di bawah ini ada beberapa poin yang sangat penting dan perlu anda perhatikan ketika menanam timun agar hasilnya bagus dan maksimal serta menguntungkan:

  • Terlebih dahulu anda menyiapkan sebidang tanah dgn ukuran ideal 100 X 150 centi meter yg sudah digemburkan terlebih dahulu & sudah diratakan. 
  • Buat terlebih dahulu lobang-lobang utk penanaman benih mentimun dgn jarak ideal 50 X 100 centimeter. Isikan 1 kilo gram kompos setiap lubangnya. 
  • Tanami 2 sampai 3 butir saja benih mentimun pada tiap-tiap lubang yang anda buat, lalu ditutup dgn sejumput tanah yang ada di sekeliling lubang. 
  • Jangan lupa menyiram kebun mentimun mungil anda tiap hri dengan cara berkelanjutan dan kontinyu. benih mulai tumbuh kurang lebih umur 3 sampai 5 hri sesudah ditanam. Lihat dan periksa berapa banyak tanaman yg tumbuh dari lubang tanam tanam bibit mentimun itu. 2 pekan sesudah tumbuhnya benih, bibit yg sakit mesti dibuang, bila ada lubang yg benihnya tak tumbuh maka cepat isi dgn benih yg baru. 
  • Jikalau tanaman sudah berusia 30 hri, saatnya bagi anda untuk memberi pupuk tambahan berupa pupuk ZA, juga DA, & pupuk ZK dgn perbandingan yaitu : 1:2:1, jumlahnya pupuknya kurang lebih seberat 20 gram tiap grup tanam, pemupukan dilakukan dengan dibenamkan dlm tanah yang berada di sekeliling tanaman.
  • Untuk para-paranya sebagai area rambatan tumbuhan mentimun ini, pasang semacam kayu/bisa juga bambu yang kuat & tanamkan di tiap-tiap sudut tanaman. 
  • Seandainya pertumbuhan daun tanaman mentimun anda sangat subur sekali, anda bisa memotong cabang2 tumbuhan bunganya. 
Tanaman mentimun ini pertama kali bisa dipanen sesudah tumbuhan genap berusia 2-3 bln, panenlah buah mentimun anda disaat masih dalam keadaan muda. 

Tanaman Palawija Berupa Cabe Murah

Cabai murah termasuk juga tanaman palawija yang menguntungkan jika ditanam sesuai aturannya, cabe merah ini merupakan salah satu dr sekian banyak bahan bumbu masak yg tidak jarang kita dapatkan di dalam dapur, cabe merah tidak sedikit dibutuhkan penduduk Indonesia, terutama utk bumbu berbagai masakan Indonesia. 

Tumbuhan cabe merah merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman palawija yg tidak sedikit ditanam olh para petani di sawah-sawah mereka. Tanaman cabe termasuk juga type tanaman palawija setahun yg sebenarnya termasuk jenis perdu. Tanaman cabe ini tak membutuhkan tanah dan areal lahan yg luas, juga tidak banyak membutuhkan perawatan-perawatan yang kadang-kadang merepotkan. Tanaman palawija cabe merah bisa ditanam juga di pot dengan syarat tentu kita harus mengetahui lebih dahulu trik menanamnya agar tumbuh dengan baik. 

Berikut ini adalah langkah-langkah serta cara menanam cabai merah dengan benar dan menguntungkan:

  • Jemurlah terlebih dahulu biji cabe selama beberapa hri sampai biji-biji itu menjadi kering. 
  • Biji-biji cabe yg sudah kita keringkan tadi, kita tebarkan di atas persemaian yg sudah kita persiapkan terlebih dahulu sebelumnya. Setelah benih ditebar, tutuplah persemaian biji itu dgn sedikit timbunan tanah. Sebenarnya benih cabe merah umumnya dapat tumbuh kurang lebih 4 hingga 7 hri sesudah penebaran benih ini. 
  • Sambil kita menunggu tumbuhnya benih cabe, kita gunakan waktu untuk persiapan fasilitas tanah dan juga pupuk kandang yang akan kita gunakan nantinya.
  • Bagi anda yang menanam di tanah sawah, buatlah bedengan dengan lebar kurang lebih 100 sampai 120 centi meter, untuk tinggi bedengannya yaitu 40 sampai 50 centi meter danjuga parit antar bedengannya dengan lebar yaitu 40 sampai 50 centi meter.
  • Lobang tanam hendaknya dibuat dan jarak tanam dengan ukuran yaitu : 50-70 cm X 40-60 cm.
  • Pemupukan dapat kami bagi menjadi 2 tahap, pertama tahap sebelum proses tanam yaitu memakai pupuk organik atau pupuk kandang, kedua adalah pemupukan pasca tanam dengan pupuk N dan juga daun.
  • Untuk proses pemupukan memakai pupuk kandang hendaknya diberikan pda tiap lubang yaitu pada satu minggu seblum proses penanaman, pupuk TSP dan juga separuh bagian pupuk KCl diberikan pada setiap lubang satu hari sebelum proses penanaman. Adapun urea, ZA dikasikan tiga kali, yaitu pada waktu tanaman sudah berusia 2 minggu, 4 minggu dan 6 minggu setelah proses tanam. Untuk sisa KCl-nya bisa diberikan empat minggu pasca tanam. 
  • Selanjutnya penutupan tanah dgn mulsa, mulsa yang dipakai ialah mulsa jerami yaitu 20 t per ha-nya, mulsa plastik warna hitam perak 10 rol per ha-nya. 
  • Mulsa dipasangkan pada permukaan tanah olah pasca dilakukan proses pemupukan pertama setebal kurang lebih 2 centi meter, untuk plastik warna hitam peraknya dipasang juga dengan diikuti proses pembikinan lubang tanmnya dgn memakai alat pelubang tertentu.
Selain menanam mentimun atau cabai merah, masih banyak tanaman palawija yang lainnya yang bisa anda usahakan seperti penanaman kacang panjang, wortel, kacang tanah, terung, ubi, singkong, jagung, kedelai dan lainnya, sekian dulu artikel singkat kami yang berjudul tanaman palawija yang menguntungkan, mudaha-mudahan dilain kesempatan kami bisa sempurnakan dan semoga bermanfaat bagi anda semua.

Ini Tanaman Palawija yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO