Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Wednesday, 17 February 2016

7 Provinsi Terluas Di Indonesia Dan Ibukotanya

Setelah dahulu kami admin less-love blogspot com mengulas tema seputar nama-nama provinsi di Indonesia beserta ibukotanya, untuk saat ini saya akan ulas lebih jauh lagi tentang 7 Provinsi Terluas di Indonesia beserta ibukotanya. Ulasan tentang provinsi terluas di Indonesia ini kami angkat berdasarkan pengamatan kami di beberapa situs online di internet. Oke tanpa berlama-lama lagi inilah 10 provinsi terluas di Indonesia dan ibukotanya.
7 Provinsi Terbesar Di Indonesia Dan Ibukotanya

1.Propinsi Papua
Berada di urutan paling atas provinsi Papua memilki luas wilayah yang luar biasa namun dari segi taraf hidup dan pendapatan tergolong masih tertinggal dibandingkan dengan luas wilayahnya yang mendominasi dan terbesar jika dibandingkan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia, dengan luas wilayah yang mencapai angka 319.036,05 km persegi propinsi ini merupakan16,79% dari seluruh wilayah Indonesia. Ibukotanya adalah Jayapura.

2.Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)
Dewasa ini provinsi yang dahulunya merupakan provinsi terbesar yang menempati rangking 2 kini terpecah menjadi 2 propinsi besar juga yaitu Kalimantan Timur dan juga Kalimantan Utara.luas wilayahnya dahulu mencapaikurang lebih 194.849,08 km persegi. Ibukotanya adalah kota Balikpapan.

3.Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)
Dengan ibukotanya yaitu Palangkaraya, beberapa isu nasional yang berkembang sempat menyebutkan bahwa ibu kota Indonesia bakal di pindah ke Palangkaraya akibat semrawut dan padatnya ibu kota Jakarta sekarang ini, luas wilayah Kalteng terbilang cukup luas yakni mencapai kurang lebih 153.564,50 km persegi.

4.Propinsi Kalimantan Barat (Kalbar).
Berlokasi bersebelahan dgn wilayah propinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan ibukotanya Pontianak.Propinsi Kalbar terbialng cukup luas dan lebar dengan perkiraan 115.114,32 km persegi.

5.Provinsi Papua Barat
Provinsi di Indonesia timur yang merupakan wilayah yang bertetanggaan dengan Provinsi Papu, terhitung propinsi paling luas ke-5 dengan luas wilayah mencapai kurang lebih 114.566,40 km persegi. Propinsi Papua Barat beribukota di Manokwari.

6.Propinsi Riau
Propinsi Riau ini termasuk bahkan merupakan propinsi paling kaya di Indonesiadengan pendapatan penduduknya yang melebihi rata-rata pendapatan penduduk di propinsi lain di indonesia.Luasnya wilayahnya mencapai angka 94.560 km persegi. Ibukotanya adalah Tanjung Pinang.

7.Provinsi Sumatra Selatan
Sungai Musi dan Jembatan Ampera dua buah ikon yang melambungkan nama provinsi subur di Indonesia ini, dua ikon tadi tepat terletak di ubukota propinsinya,yaitu kota Palembang.wilayahnya cukup luas yakni mencapai 85.679,42 km persegi.

Demikianlah ulasan kami tentang propinsi terluas di Indonesia dan ibukotanya, semoga ada manfaatnya bagi anda para pembaca budiman.

7 Provinsi Terluas Di Indonesia Dan Ibukotanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 komentar:

Post a Comment