Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Wednesday, 10 February 2016

Tanda-tanda Huruf Dalam Bahasa Arab

Tanda-tanda Huruf Dalam Bahasa Arab. Kita lanjutkan pelajaran nahwu atau kaidah bahasa arab untuk hari ini, kali ini kita akan mempelajari tentang tanda-tanda huruf, sebagaimana sudah disampaikan pada pelajaran kaidah bahasa arab yang lalu bahwa kata dalam bahasa arab atau kalim itu ada tiga yaitu isim, fiil dan huruf.
 Tanda-tanda Huruf Dalam Bahasa Arab

Tanda-tanda Huruf

Pengarang kitab matn aljurumiyyah berkata :

والحرف مالايصلح معه دليل الإسم ولا دليل الفعل

Dan huruf adalah kata yang tidak menerima tanda isim (kata benda) maupun tanda fiil (kata kerja).

Untuk tanda isim (kata benda) sudah kita sampaikan pada artikel sebelumnya, bisa anda simak dan baca lagi : tanda-tanda isim.

Begitu juga tentang tanda-tanda fiil sudah kita jelaskan pada pembahasan tentang tanda-tanda fiil, bisa anda simak dan baca lagi : tanda-tanda fiil.

Dalam pembahasan ini mu’allif (pengarang) menyebutkan bahwa huruf itu bisa dibedakan dari isim maupun fiil dengan keadaannya yang tidak menerima satupun dari tanda-tanda isim dan tanda-tanda fiil sebagaimana yang sudah dipaparkan pada pembahasan sebelumnya tentang tanda isim dan fiil. Oleh karena itu jika ada suatu kata maka datangkanlah tanda-tanda isim terlebih dahulu, lalu jika kata itu menerima salah satu dari tanda-tanda isim (kata benda) tadi maka kata itu adalah isim, namun jika kata tersebut tidak menerima salah satu dari tanda-tanda isim tadi maka sekarang datangkanlah tanda-tanda fiil, jika kata tadi menerima salah satu dari tanda-tanda fiil tadi, maka kata itu adalah fiil (kata kerja), namun jika kata itu tidak menerimanya, maka kata itu yakinlah bahwa kata yang anda sedang baca adalah huruf, bukan kata benda dan bukan pula kata kerja dalam bahasa arab.

Latihan:

Bedakan mana isim, mana huruf dan mana pula fiil dari kata-kata di bawah ini!

Artinya : ucapan atau perkataan : قَوْلٌ

Artinya : di atau pada فِيْ

Artinya : nama-nama, bentuk plural dari kata asma’: أَسْمَاءٌ

Artinya : mengerjakan, bentuk fiil mudhari dari kata fa’ala : يَفْعَلُ

Artinya: kadang-kadang : رُبَّ

Artinya: kuda: فَرَسٌ

Artinya: mudah, bentuk tasghir dari kata sahlun: سُهَيْلٌ

Artinya mulia atau dermawan: كَرِيْمٌ

Sekian dulu artikel tentang tanda-tanda huruf dalam rubrik belajar nahwu atau kaidah bahasa arab ini, semoga ada manfaatnya.

Tanda-tanda Huruf Dalam Bahasa Arab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 komentar:

Post a Comment