Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Tuesday, 15 March 2016

22 Nama-nama Hari Kiamat Dalam Bahasa Arab Disertai Artinya

Nama-nama hari kiamat dalam bahasa arab. Nama-nama hari kiamat memang disebutkan oleh Allah di dalam al-Quran, nama-nama hari kiamat dalam bahasa arab memang mencerminkan apa kejadian yang bakal terjadi pada hari yang mengerikan itu ditinjau dari segi arti dan maknanya dalam bahasa Indonesia, berikut ini akan kami bawakan bahasan penting dan ada kaitannya juga dengan bahasa arab karena nama-nama hari kiamat yang kami maksud tadi dalam bahasa arab yang maknanya mencerminkan berbagai kejadian yang akan berlaku dan dilihat manusia pada hari itu. Hari kiamat mempunyai banyak nama, hal ini menunjukkan akan keagungan dan kedahsyatannya, karena dalam bahasa arab, semakin dahsyat suatu perkara maka semakin banyak pula namanya. Tanpa berpanjang lebar lagi inilah bahasan blog less-love kali ini tentang nama nama hari kiamat dalam bahasa arab, yang kami sertai juga dengan artinya dan maknanya dalam bahasa Indonesia juga disertai cara membacanya dalam huruf latin. Baca Juga: bahasa arab dan artinya
Nama-nama Hari Kiamat Dalam Bahasa Arab Disertai Artinya


يوم القيامة

Yaumul Qiyamah, Qiyamah dari kata bahasa arab “qama-yaqumu” artinya: berdiri, dinamakan demikian karena pada hari itu manusia berdiri di hadapan pencipta alam semesta untuk dihisab dan mendapatkan balasan amal perbuatannya. Dan inilah nama yang paling masyhur dari hari itu.

اليوم الآخر

Alyaumul Akhir (hari akhir), artinya hari yang terakhir (tidak ada hari setelahnya), di namakan dengan demikian karena tidal ada hari layaknya di dunia setelah terjadinya hari kiamat itu kecuali hari-hari di akhirat, hari-hari surga dan neraka.

الساعة

Cara bacanya: As-Sa’ah, kata as-Sa’ah meruapakan kata bahasa arab yang artinya sesaat, dinamakan demikian karena hari kiamat itu terjadi secara tiba-tiba dan begitu cepat seolah-olah sesaat saking cepatnya.

يوم البعث

Yaumul Ba’tsi(hari kebangkitan), al-Ba’tsu kata bahasa arab yang artinya kebangkitan, disebut dengan Yaumul Ba’tsi karena pada hari itu manusia dibangkitkan oleh Allah dari dalam kubur.

يوم الخروج

Yaumul Khuruj (hari keluar), Khuruj adalah kata bahasa arab yang artinya keluar, hari kiamat disebut dengan Yaumul Khuruj karena pada hari itu manusia keluar dari kuburnya setalah dibangkitkan oleh Allah dengan ditiupnya sangkakala untuk kedua kalinya.

القارعة

Al-Qaari’ah, kata al-Qari’ah adalah kata bahasa arab yang berasal dari kata “Qara’a-Yaqra’u” (kata kerja) artinya mengetuk, dinamakan demikian karena kedahsyatan serta kengerian hari kiamat mengetuk dan membuat hati manusia ketakutan.

يوم الفصل

Yaumul Fasl (hari keputusan), kata al-Fasl adalah kata bahasa arab yang artinya memutuskan, dinamakan demikian karena pada hari itu Allah akan memutuskan semua perkara dan sengketa para hamba, yang dizalimi akan diberikan haknya dari orang menzaliminya dahulu di dunia dan seterusnya.

يوم الدين

Yaumud Diin (hari pembalasan), kata ad-Diin adalah kata bahasa arab yang artinya pembalasan, hari kiamat disebut demikian karena pada hari itu segala amal perbuatan manusia bakal dibalas oleh Allah, jika amalnya baik maka balasannya adalah kebaikan dan jika amalnya jelek maka akan dibalas dengan siksa dan azab.

الصاخة

As-Sokhkhoh, artinya (secara harfiyyah) suatu suara yang memekikkan telinga, karena pada hari itu ditiupkan sangkakala yang suaranya begitu dahsyat dan keras yang memekikan telinga.

الطامة الكبرى

At-Thammah al-Kubra (perkara besar), kata at-Thammah artinya adalah sesuatu yang mengalahkan yang lain, terambil dari kata bahasa arab yaitu “Thamma-Yatummu” yang maknanya adalah Ghalaba Yaghlibu artinya mengalahkan, sedangkan kata al-Kubra artinya yang dahsyat, di namakan demikian karena dahsyatnya hari kiamat mengalahkan segala perkara dahsyat lainnya yang ada di dunia ini.

يوم الحسرة

Yaumul Hasrah (hari penyesalan), kata al-Hasrah meruapakan kata bahasa arab yang artinya kesedihan atau penyesalan, hari kiamat dinamakan demikian karena kesedihan serta penyesalan manusia yang mendalam “mengapa tidak beramal lebih banyak dahulu di dunia?”. Di tambah lagi dengan apa yang mereka lihat berupa azab dan siksa yang pedih pada hari itu.

الغاشية

Al-Ghasyiah (yang meliputi), kata al-Ghasyiah adalah kata bahasa arab yang terambil dari kata “Ghasya-Yaghsya” (kata kerja) yang maknanya : meliputi / mengelilingi, hari kiamat disebut demikian karena pada hari itu api neraka meliputi dan mengelilingi orang kafir dan orang durhaka kepada Allah.

يوم الخلود

Yaumul Khulud (hari keabadian/kekal), kata khulud adalah kata bahasa arab yang artinya kekekalan/keabadian, hari kiamat disebut demikian karena jika telah terjadi, maka dimulailah alam yang kekal abadi.

يوم الحساب

Yaumul Hisab (hari penghisaban), disebut demikian karena pada hari itulah Allah akan menghisab para hamba-Nya.

الواقعة

Al-Waqi’ah (yang akan terjadi), kata al-Waqi’ah terambil dari kata “Waqa’a-Yaqa’u” yang artinya terjadi, hari kiamat dinamakan demikian karena ia benar-benar akan terjadi kepada manusia.

يوم الوعيد

Yaumul Wa’iid (hari terwujudnya ancaman), kata “Wa’iid” artinya adalah ancaman, karena pada hari itu Allah akan menunaikan dan melaksanakan ancamannya bagi mereka yang durhaka kepada-Nya dahulu di dunia.

يوم الآزفة

Yaumul Azifah (hari yang dekat), karena terjadinya hari kiamat itu telah dekat waktunya.

يوم الجمع

Yaumul Jam’I (hari pengumpulan), karena pada hari itu manusia, hewan dan seluruh makhluk dikumpulkan oleh Allah dalam waktu yang singkat.

الحاقة

AL-Haaqqah (berhak), al-Haaqqah terambil dari kata “Haqqa-Yahuqqu” yang artinya berhak mendapatkan, hari kiamat dinamakan demikian karena pada hari itu semua akan mendapatkan apa yang berhak dia dapatkan, yang kafir berhak mendapatkan neraka sedangkan yang shalih berhak mendapatkan surga.

يوم التلاق

Yaumut Talaaq (hari pertemuan), kata at-Talaaq berasal dari kata “Laqiya-Yalqa” yang artinya bertemu, dinamakan demikian karena pada hari itu semua akan dipertemukan; orang yang zalim akan dipertemukan dengan orang yang dahulu dia zalimi, makhluk akan dipertemukan dengan Khaliq (penciptanya).

يوم التناد

Yaumut Tanad (hari saling panggil), kata at-Tanad berasal dari kata bahasa arab; “Naada-Yunaadi” yang artinya memanggil, dinamakan demikian karena begitu seringnya para penduduk surga memanggil keluarga mereka yang berada di neraka, si ibu memanggil anaknya, si anak memanggil bapaknya dan seterusnya.

يوم التغابن

Yaumut Taghabun (hari kerugian), karena pada hari itu penduduk neraka merugi dan bagian mereka di ambil alih oleh penduduk surga.

Untuk diperhatikan: Nama-nama hari kiamat dalam bahasa arab yang disertai artinya di atas bukan tanpa dalil, Allah sebutkan dalilnya di dalam Al Quran namun karena takut bahasannya panjang maka kami tidak menuliskan dalil-dalilnya itu, mudah-mudahan ada kesempatan lain untuk melengkapinya agar abahasannya jadi lengkap dan sempurna. Demikianlah artikel kami yang berjudul 22 Nama-nama hari kiamat dalam bahasa arab. Terima Kasih.

22 Nama-nama Hari Kiamat Dalam Bahasa Arab Disertai Artinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 komentar:

Post a Comment