Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Wednesday, 20 April 2016

5 nama suku bangsa di jawa timur

Nama suku bangsa di jawa timur. Sbg referensi kamu sekalian wahai pembaca setia blog less-love blogspot com, kali ini admin dapat membagikan kepada kamu sekalian mengenai suku-suku apa sebenarnya yg berada di Propinsi jatim & mudah-mudahan dgn postingan artikel tentang nama suku bangsa di jawa timur ini dapat menambah pengetahuan kamu akan wawasan keragaman terkait suku bangsa di tanah air kita Indonesia ini. Jadi berikut adalah 5 suku bangsa yang bermukim di wilayah provinsi Jawa Timur.
5 nama suku bangsa di jawa timur
gambar : pusakaindonesia. org
Suku Bangsa Pertama : Suku Jawa 
Istilah Wong Jowo ialah sebutan bagi org Jawa ataupun Suku Jawa. & pastinya suku jawa sebagaimana diketahui oleh banyak orang adalah suku paling besar yg ada di Propinsi jatim (Jawa Timur) ataupun di propinsi Jawa yang lain (Semisal Jawa Tengah dan beberapa daerah lainnya). Bahkan sekarang ini mereka menyebar di sekian banyak daerah yang lain di seluruh penjuru provinsi-provinsi Indonesia lewat program yang sampai sekarang digalakkan yaitu transmigrasi yg di lakukan secara kontinyu oleh pemerintah kita. 

Suku Bangsa Kedua : Suku Tengger 
Suku bangsa yang bernama Tengger sebenarnya berdiam / bermukim di 3 buah desa pedalaman di wilayah kecamatan Sukapura, Kab . Probolinggo, Propinsi Jawa Timur, yakni desa yang disebut dengan Jetak, wialyah Wonotoro & Ngadisari. Dari segi asal usul dan garis keturunan mereka bisa saja sama dgn suku bangsa pertama yaitu suku Jawa kebanyakan. Bahasa yg mereka gunakan pula bahasa suku Jawa dengan dialek Tenggernya. Ini akibat dari pemisahan diri pada suatu waktu dahulu kala, sehingga ada sekian banyak unsur kebudayaan dari mereka yg tidak serupa dgn orang Jawa saat ini yang menempati beberapa wilayah provinsi pulau Jawa. Agama yg mereka anut condong sama dgn agama Hindu kebanyakan saat ini, akan tetapi lumayan kuatnya keyakinana salah inipun di pengaruhi olh keyakinan original mereka pada lingkungan. lifestyle sehari-hari dari suku ini, mereka memang lah agak tidak serupa dgn orang Jawa pada kebanyakan, sebab mereka hidup dan bermukim di wilayah Pegunungan Tengger yg sangat dingin dan sepi, dgn kawah Gunung di Bromo. Baca Juga : Tari daerah Indonesia dan asalnya

Suku Bangsa Ketiga : Suku Osing 
Orang atau suku Osing atau kadang juga disebt sebagaian orang dengan nama Using berdiam dan bermukim secara tersebar luas di Kec.Giri, juga di wilayah Kec.Glagah, kemudian juga Kec.Kabat, selanjutnya Kec.Rogojampi, kemudian wilayah Banyuwangi, kemudian Singojuruh, lantas daerah Genteng & daerah Srono dlm wilayah Kab . Banyuwangi, provinsi Jawa Timur. Dan mereka ini punya anggapan diri sbg warga original di wilayah dan daerah-daerah tersebut. Asal muasal mereka jika ditelusuri sebenarnya yaitu keturunan masyarakat kerajaan besar yang bernama Blambangan yg mengasingkan diri pada era kerajaan Majapahit. Sampai saat ini, mereka boleh di katakan tetap sebagai bagian dri suku bangsa pertama tadi yaitu suku Jawa. Untuk diketahui bahwa nama Osing ini di berikan olh masyarakat pendatang yg menetap di wilayah-wilayah dan daerah itu pada abad sekitar 19 silam. Kata suku Osing atau sebagaimana kami katakana tadi sering disebut juga dengan sitilah Using berarti “tidak”, perihal ini menunjukkan prinsip dan sikap mereka yg menolak berbagai pengaruh baik besar maupun kecil dri luar pada era dulu bahkan hingga kini mereka sangat eksklusif. 

Suku Bangsa Keempat : Suku Madura 
Suku ini mendiami dan bermukim di Pulau Madura & sebahagian pantai Jawa sektor timur jauh. Jumlah komunitas mereka saat ini lebih kurang 3.000.000 (3 juta) jiwa. Sebahagian lain ada yg berdiam di berbagai kota-kota gede lain di wilayah Indonesia. Dan bahasa mereka ialah bahasa Madura dgn dialek Kangean, kemudian ada pula dialek Sumenep, lantas Pamekasan, kemudian Bangkalan, setelah itu Probolinggo, kemudian Bondowoso &kemudian Situbondo. Untuk diketahui bahwa bahasa Madura pun mengenal beberapa tingkatan bahasa, yakni bahasa kasar, kemudian menengah & terakhir halus, untuk diketahui bahasa kasar digunakan utk komunikasi keseharian dalam kehidupan sehari-hari penduduk Madura ini. 

Suku Bangsa Terakhir : Suku Bawean 
Nah suku terakhir yang tinggal di pulau Jawa disebut dengan Suku Bawean, suku ini ialah satu kelompok mungil penduduk Melayu yg berasal dr Pulau Bawean. Lokasi pulau nya berada pada Laut Jawa antara 2 pulau gede, yakni Pulau Kalimantan pada sebelah utara & Pulau Jawa pada sebelah selatan. Untuk diketahui bahwa pulau Bawean ini terletak kurang lebih 80 mil menuju ke arah bagian utara kota Surabaya, & masuk Kab Gresik. Pulau ini sebenarnya terdiri atas 2 kecamatan besar, yakni Kec. Sangkapura & Kec. Tambak. Warga Melayu Malaka & Malaysia diketahui lebih mengenal dgn sebutan Boyan dr pada Bawean. Dalam perspektif dan juga pandangan mereka ini, Boyan bermakna sopir & tukang kebun sebab profesi sebahagian penduduk asal Bawean ialah bekerja pada bidang perkebunan atau sbg sopir. 

Demikian dahulu apa yang bisa kami sampaikan artikel dengan judul 5 nama suku bangsa di jawa timur.

5 nama suku bangsa di jawa timur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 komentar:

Post a Comment