Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Tuesday, 19 April 2016

Cara menulis bahasa arab di laptop

Cara menulis bahasa arab di laptop. Huruf Arab dalam bahasa arab sebenarnya tak dapat dipisahkan karena jika ingin mahir berbahasa arab otomatis harus bisa menulis huruf arab, dan barangkali untuk umat Islam telah tak asing dgn huruf Arab ini. Huruf Arab sebagaimana anda mungkin ketahui biasa digunakan dan bisa anda lihat dalam tulisan kitab suci al-Qur’an & juga al-Hadits. Bagi anda yang belum tahu cara menulis arab di laptopnya atau komputernya, kita dapat saja mengaktif kan huruf atau abjad Arab di laptop supaya mampu menulis ataupun mengetikkan huruf arab dengan cepat di laptop. Dan tentu saja ini bakal memudahkan bagi Kamu dlm penyelesaian tugas menulis artikel dan makalah dengan huruf Arab, apalagi bagi kalian yang masih sekolah atau kuliah, tak jarang tugas sekolah atau tugas kuliah mengharuskan kita menulis dengan bahasa arab.

Bila Kamu tertarik, Kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang bakal kami bagikan. Admin less-love bakal coba terangkan satu demi satu. Ketentuannya cuma suatu komputer atau laptop kamu. Kecuali jikalau laptop Kamu memanfaatkan Operational System (OS) Windows 7 ke bawah bakal agak ribet karena mesti melengkapi instalasi memakai CD software Windows XP-nya.

Cara Praktis Mengaktifkan Tulisan / Huruf Bahasa Arab Di Laptop Kamu

1. Klik menu Start Menu berwarna hijau khas Windows yang berbentu bulat yang ada di pojok kiri laptop kamu. Lalu setelah itu pilih sub menu Control Panel, lantas akan muncul segera tampilan seperti di bawah ini:
Cara menulis bahasa arab di laptop

Setelah itu silahkan anda meng-klik yang diberi tanda panah seperti gambar di atas. Lantas akan muncul lagi tampilan di laptop anda seperti gambar di bawah ini:
Cara menulis bahasa arab di laptop

Setelah itu kliklah yang di kasi tanda panah sebagaimana yang ditunjukkan oleh tanda panah sebagaimana gambar yang kami tampilkan di atas. Cara menulis bahasa arab di laptop.

2. Akan muncul jendela pemberitahuan tentang perubahan atau penambahan bahasa pada keyboard anda sebagaimana ditunjukkan oleh foto di bawah ini, silahkan anda masuk ke menu yang ditunjukkan tanda panah berwarna merah pada gambar di bawah ini:
Cara menulis bahasa arab di laptop

Setelah itu dalam melanjutkan cara menampilkan bahasa arab di laptop akan muncul jendela gambar seperti di bawah ini, silahkan anda klik menu “add” sebagaimana ditunjukkan tanda panah di gambar yang kami sertakan di bawah ini:
Cara menulis bahasa arab di laptop

Setelah anda meng-klik kata “add” maksudnya di sini tambahkan bahasa arab, maka akan muncul penampakan di bawah ini, silahkan anda cari menu bahasa Bahasa Arab Saudi Arabia (Arabic (Saudi Arabia) lalu centang sebagaimana ditunjukkan oleh gambar di bawah ini:
Cara menulis bahasa arab di laptop

Sesudah semua pengaturan dan setting selesai, lalu klik OK. 

Trick atau cara Posting / Menuliskan Huruf Arab pada Laptop Anda 

Sesudah Kamu laksanakan pengaturan seperti yg di jelaskan di atas, maka sekarang ini Kamu tinggal mencoba nya. Apakah telah benar atau tdk settingan yg baru saja Kamu laksanakan.

Utk mencobanya, Kamu boleh memakai di aplikasi pengolah kata atau Microsoft Office Word dari Windows. Aktifkan program Microsoft Word-nya, & harap anda memastikan bahasa penulisan pada “Taskbar Language” jadi Arabic atau bahasa arab atau untuk mengganti bahasa dari bahasa satu ke bahasa lainnya / dari bahasa Inggris ke bahasa Arab bisa dengan menekan secara bersamaan tombol Alt dan Shift pada keyboard anda, niscaya akan terjadi pergantian bahas dari Inggris ke Arab dan nanti sebaliknya.

Dikarenakan kalau membaca huruf arab harus dari kanan ke kiri tidak seperti bahasa lainnya semisal bahasa Indonesia atau Inggris dari kiri ke kanan, untuk menyamankan proses penulisan bahasa arab maka aktif kan menu Right To Left Direction, seperti pada gambar di bawah ini, perhatikan dengan seksama jangan sampai anda tidak nyaman menulis bahasa arabnya.

Jika keyboard anda belum ada huruf atau abjad hijaiyyah arabnya, maka ini akan jadi masalah, ada beberapa opsi yang bisa anda pilih dan lakukan untuk mengatasi maslah ini:
  • Anda bisa menempelkan huruf hijaiyyah arab pada masing-masing tombol keyboard anda, sebagaimana yang kami tunjukkan dengan gambar di atas, jika anda perhatikan berurutan dengan keyboard QWERTY dengan huruf hijaiyyah arab Dho’ (yang menempati huruf latin Q), kemudian Sho’ (yang menempati huruf latin W) dan sterusnya, nah bagi kamu yang tidak punya keyboard arab bisa dengan menempelkan huruf arab di tombol huruf tadi, ngerti kan maksud saya? mudah-mudahan dimengerti.
  • Beli keyboard yang sudah ada huruf arab hijaiyyahnya, dan ini adalah opsi yang paling praktis.
  • Bisa dengan memakai keyboard onscreen Arabic, cara menampilkannya adalah dengan terlebih dahulu silahkan anda tekan tombol Start kemudian>>>>>> All Programs > >>>>>> Accessories >>>>> Ease of Access. Maka akan muncul tampilan seperti di atas dan anda tinggal memakai mouse laptop anda untuk menekan setiap huruf hijaiyyah arab yang anda inginkan.
Mungkin itu saja dahullu yang bisa kami sampaikan seputar Cara menulis bahasa arab di laptop baik yang memakai Windows 7 maupun Windows yang lainnya. Jika ada yang kurang jelas mengenai cara nulis arab di laptop, bisa anda oret-oret masalahnya di kotak komentar.

Cara menulis bahasa arab di laptop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

2 komentar:

  1. Widih keren sekali nih, kebtulan saya lagi mencari cara yang seperti ini mbak, makasih ya mbak atas caranya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Iman Lukman. Makasih atas kunjungannya, silahkan dibaca mas, jangan lupa dishare ya kalau bermanfaat.

      Delete