Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Saturday, 23 April 2016

Cara Membuat SIM Terbaru dan Apakah Hari Sabtu Bisa Buat SIM?

Hari sabtu bisa buat sim. Menurut Undang-undang Pasal ke 77 ayat ke (1) UU No.22 Thn 2009 menuturkan mengenai kegunaan dari Surat Izin Mengemudi atau SIM yaitu sebagai bukti registrasi& identifikasi yg diberikan olh pihak instansi Polri pada seorang yg sudah memenuhi berbagai syarat2 administrasi, juga sehat jasmani & rohani,mendalami peraturan lalu lintas & terampil untuk mengemudikan alat kendaraan bermotor. Tiap-tiap orang yg mengemudikan berbagai Kendaraan Bermotor di Jalan raya diwajibkan mempunyai SIM tepat dan sesuai dgn type Kendaraan Bermotor yg di kemudikan. Sudahkan anda bikin SIM ?Apabila belum buat, mari kamu simak urutan terkait prosedur pelaksanaan pembuatan surat SIM dgn benar di bawah ini.
Cara Membuat SIM Terbaru dan Apakah Hari Sabtu Bisa Buat SIM?
Ilustrasi SIM, adminSIM.blogspot.com

Pelayanan untuk buat sim (Surat Izin Mengemudi) buka pada hari apa saja? Bikin sim hari sabtu bisa gak?

Jam buka untuk membuat sim di Kepolisian Resort (Polres):

Jadwal Hari Senin - Jum'at
Jam layanan SIM di setiap Polres setempat seluruh Indonesia adalah mulai jam : 08.00 sampai jam : 14.00 Waktu Indonesia Barat.
Istirahat mulai jam : 12.00 sampai dengan jam : 13.00 Waktu Indonesia Barat
Jam layanan loket untuk pendaftaran ialah mulai pada jam : 08.00 sampai dengan : 12.00 Waktu Indonesia Barat.
NB: pada jam : 13.00 sampai jam : 14.00 Waktu Indonesia Barat hanya buka layanan permohonan pembukaan SIM bagi yg sdh daftar saja, hanya untuk difoto dlsb.

Jadwal Untuk Pembuatan SIM Pada Hari Sabtu
Apakah bisa buat sim di hari sabtu? Jawabannya adalah : bisa saja, silahkan jika anda tidak punya waktu untuk membuat SIM kecuali pada hari sabtu, anda bisa melakukannya.
Jam pelayanan pembuatan SIM hari Sabtu di Polres ialah jam : 08.00 sampai jam : 12.00 Waktu Indonesia Barat

Kalau bisa anda sampai di Polres setempat agak pagian guna menghindari antrian yang biasanya begitu panjang apalagi di hari Sabtu.

Buat SIM Via online.

Bagi kalian yg tak punya begitu banyak kesempatan dan waktu. kini pengurusan SIM bisa dilakukan secara online, tapi memang fasilitas ini di khususkan bagi anda yg ingin melakukan proses perpanjangan SIM saja-alias untuk daftar pembuatan SIM pertma kali tidak bisa-. sebab untuk SIM baru hanya bisa dilakukan di daerah/ wilayah asal pembuatan KTP anda masing-masing, dengan melewati tahap ujian secara teori dan juga praktik mengemudi atau sesuai dengan peraturan yang berlaku di Polres masing-masing.

Untuk perpanjang SIM via online bisa anda lakukan di sini.

Kita melangkah ke masalah berikutnya terkait cara buat SIM ini, apakah syarat yang harus disiapkan untuk pembutana Surat Izin Mengemudi?
Di bawah ini adalah tutorial ringkas untuk cara SIM A dan atau SIM C, silahkan di simak baik-baik!

A-Siapakanlah Dengan Cermat Semua Dokumen Anda

Sebelum kamu membuat SIM baru ataupun untuk perpanjangan sim lama, Siapkanlah poto copy Kartu Tanda Penduduk sebanyak 5 lembar saja, jangan sampai lupa untuk bawa bolpoin sendiri, biar tak repot dan terhalangi untuk mencari pinjeman pulpen.
Untuk persyaratan usia atau umur pemohon SIM tipe perseorangan sesuai Pasal ke 81 UU No. 22 Thn 2009 ialah sebagai berikut:
- Minimal 17 th buat SIM C & D
- Minimal 18 th utk SIM A
- Minimal 21 thn utk SIM B1
- Minimal 21 th utk SIM B2

B-Tes Untuk Kesehatan

Setelah Itu kamu mesti menyerahkan hasil dari tes kesehatanmu. Mari kamu teliti dan priksa kesehatan di puskesmas atau rumah sakit, bisa juga klinik atau di area dekat tes Polres tempat kamu buat SIM biasanya disediakan. Memeriksa kesehatan hanya di suruh mengisi data pribadi, biodata & tes pengelihatan persis kala tes kesehatan seblum bekerja. budget yang harus kamu sediakan untuk tes kesehatan biasa nya bervariasi dri Rp 15.000 hingga 25.000

C-Biaya Pendaftaran dan Asuransi

Tarif Pengerjaan SIM.
Sesudah kamu menjalani proses tes kesehatan, maka langkah setelah itu kita di suruh bayar biaya registrasi pengerjaan sim. biayanya cukup bervariasi tergantung kebutuhan yg digunakan. berikut ini budget yg mesti kamu bayar utk pengerjaan SIM : (Ini berdasarkan dari peraturan Pemerintah Nomer 50 Thn 2010).

Biaya Penerbitan SIM jenis A
Utk pengemudi mobil penumpang & barang perseorangan dgn jumlah berat yg di perbolehkan tak melebihi angka 3.500 kilo gram:
- Biaya pengerjaan SIM Baru sebanyak Rp 120.000 saja
- Biaya pelaksanaan untuk perpanjangan Surat Izin Mengemudi sebanyak : Rp 80.000

Biaya Penerbitan SIM jenis B I
Buat pengemudi mobil penumpang & barang perseorangan dgn jumlah berat yg di perbolehkan tak lebih dr angka 3.500 kilo gram:
-Biaya untuk pengerjaan SIM Baru ialah : Rp 120.000
-Biaya untuk pengerjaan perpanjangan SIM adalah : Rp 80.000

Biaya Penerbitan SIM jenis B II
Buat pengemudi Kendaraan dengan muatan fasilitas berat, begitu pula Kendaraan penarik, atau pun juga Kendaraan Bermotor dgn menghela kereta tempelan atau pun gandengan perseorangan dgn berat yg di perbolehkan utk kereta tempelan tak lebih dr 1.000 kilo gram.
-Biaya pengerjaan SIM Baru dalam Rupiah adalah 120.000
-Biaya pengerjaan untuk perpanjangan SIM ialah tak lebih dari : Rp 80.000

Biaya Penerbitan SIM jenis SIM C
Utk pengemudi kendaraan Sepeda Motor.
- Biaya pengerjaan SIM yang Baru dalam Rupiah ialah : 100.000
- Biaya pengerjaan untuk perpanjangan SIM adalah tak lebih dari angka : Rp 75.000

Untuk biaya Penerbitan SIM jenis D
Buat sopir kendaraan husus bagi para penyandang cacat sementara atau permanen
- Biaya pengerjaan SIM yang Baru dalam Rupiah adalah hanya Rp.50.000
- Biaya pengerjaan untuk perpanjangan SIM berkisar hanya pada angka Rp 30.000 saja.

Biaya yang Disiapkan Untuk pembuatan SIM jenis SIM Internasional
- Biaya pengerjaan SIM yang Baru dalam Rupiah hanya 250.000
- Biaya pengerjaan untuk perpanjangan SIM hanya sejumlah : Rp 225.000

Bayar Biaya Asuransi 
Biaya asuransi buat SIM jenis A & jenis SIM C yaitu hanya berkisar pada angka Rp 30.000 saja.

D-Mengambil Formulir Untuk Pendaftaran

Jika telah membayar untuk pembuatan SIM dan biaya Asuransi, kamu mesti ke loket untuk pengambilan Formulir, lalu serahkan saja hasil pembayaran yg tadi di lakukan lengkap dengan foto copy dari KTP anda. Isilah seluruh formulir dari biodata kamu dengan lengkap dgn tulisan yg baik, tepat dan benar.

E-Memberikan Ke Petugas Formulir yg Sudah diisi

Tahap berikutnya adalah anda mesti ke loket tempat penyerahan formulir yg sudah anda buat. Selanjutnya di loket itu kita bakal mendapatkan selembar kertas ukuran kecil utk bukti bhw kita mau melakukan tahapan selanjut nya yakni tahap tes teori dan tes praktek mengemudi.

F-Ujian Teori dan Ujian Praktek

Ujian Teori

Ujian Teori biasanya waktu yg diberikan kira-kira 45 menitan . Ujian Teori di lakukan dgn memakai ballpon sendiri, utk tes Teori ada sekian banyak soal menyangkut peraturan ketika seseorang mengendarai kendaraannya atau berlalu lintas. Kalau kamu lulus, kamu bakal meraih cap / stempel Lulus Ujian Teori, Seandainya kamu tak lulus silakan kamu balik lagi untuk mengikuti ujian tulis sesudah berlalu dua pekan sesudah kamu lakukan tes teori pada hari itu. Untuk yg mau menggali ilmu berkaitan Tes teori, atau bagi kamu yang pengen mengetahui gambaran soal-soal atau materi ujian tertulis pembuatan sim. Mari Unduh Materi dan Bahan Tes SIM (berisi kisi-kisi dan disertai kunci jawaban untuk ujian tulis SIM C) Silahkan download di sini, Hati-hati jangan sampai salah klik link unduh, Filenya berupa file jenis PDF dengan ukuran sekitar 12Mega Bite saja.

Ujian Praktek Mengemudi

Biasanya untuk ujian jenis ini waktu yg dikasi berkisar 45 menitan saja.
Langkah seterusnya kamu mesti menjalani ujian Praktek mengemudi. Ujian praktek dilakukan dgn sangat teliti, jika ada kesalahan sedikit ketika mengendarai bakal menyebabkan kamu tak lulus, kalau kamu tak lulus maka kamu mesti mengikuti proses tes praktek / mengulang kemudian hri. Seandainya telah lulus ujian praktek, kamu bakal di berikan Cap bhw kamu lulus tes praktek mengemudi. Pengalaman aku Tes Praktek Utk pembuatan SIM C, kita disuruh gunakan Motor sendiri , sedangkan untuk Ujian SIM jenis SIM A tes tidak dengan praktek (saat itu saya pakai jalur NEMBAK), Seandainya Ujian Praktek pengerjaan SIM A, mobil / kendaraanya telah di sediakan olh pihak polisi.

G-Pengambilan Foto

Bawalah selembar kertas kecil yg berisikan nomor pendaftaran dan stampel bhw anda sudah lulus tes tertulis dan juga ujian/tes praktek mengemudi. Bila dlm lembaran nya tidak ada stempel lulus tes/ujian, itu artinya anda tak boleh / belum boleh mengikuti proses selanjut nya yakni tahap pemotretan dan juga tahapan pengambilan sidik jari oleh petugas kepolisian khusus dengan alat khusus pula dan disertai dengan menanda tangani SIM yang dibuat.

H-SIM yang Sudah Jadi

Sesudah seluruh proses sudah di selesaikan dengan sempurna, maka anda bakal di suruh menunggu kurang lebih 10 hingga 15 menitan utk mendapatkan SIM yang sudah dicetak.

Untuk membuat SIM sebenarnya-menurut pengalam saya pribadi-ada 2 metode:

Jalur Biasa/Manual/Resmi
Kalau kamu melewati “trayek” biasa / manual, pengeluaran atau biaya yang bakal kamu keluarkan bakal sedikit, Kalau di totalkan cuma kurang lebih Rp.175.000 saja (telah termasuk juga anggaran registrasi, budget asuransi, budget kesehatan), namun rata rata jarang orang yg segera jadi SIM-nya seandainya melewati jalur ini. Kadang memang ada saja yg tidak berhasil dlm tes-nya, baik itu saat ujian tertulis/teori ataupun ujian praktik.

Sedangkan jikalau kamu melewati jalur cepat atau trick bikin sim melalui perantara kamu mesti mengeluarkan duit yg cukup gede, Utk SIM A saja kurang lebih Rp.500-600 ribu, Utk biaya bikin sim c nembak 2016 ini kurang lebih Rp.450-550 ribu (ini tarif daerah Bekasi). Apabila kamu melewati jalur cepat,Seluruh tes tertulis & ujian praktik cuma formalitas saja, Karena udah wajib di luluskan/dijamin lulus, itu sekilas tentang cara membuat sim c tembak.

Demikian tadi artikel tentang cara membuat SIM terbaru yang bisa kami sampaikan serta pertanyaan seputar hari sabtu bisa buat sim, semoga ada manfaatnya.

Cara Membuat SIM Terbaru dan Apakah Hari Sabtu Bisa Buat SIM? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 komentar:

Post a Comment