Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Saturday 16 April 2016

Durusul Lugahah al-Arabiyyah terbitan Jami’ah Islamiyyah Madinah Munawwarah Pdf

Salah satu kitab pengajaran bahasa arab yang juga dewasa ini sering dipakai oleh para ustadz atau ustadzah untuk mengajarkan bahasa arab bagi pemula adalah kitab Durusul Lugahah al-Arabiyyah terbitan Jami’ah Islamiyyah Madinah Munawwarah Saudi Arabia.
Durusul Lugahah al-Arabiyyah terbitan Jami’ah Islamiyyah Madinah Munawwarah Pdf

Kitab ajar bahasa arab ini diterbitkan oleh bagian penerbitan Universitas Islam Madinah Munawwarah di Saudi yang sebenarnya dikhususkan untuk para pelajar yang datang ke Universitas Islam Madinah dan belum sama sekali berkenalan dengan bahasa arab sebagai bahasa pengantar wajib proses belajar mengajar di Universitas Islam gratis di kota Nabi itu. Bagi para calon mahasiswa yang belum mumpuni menguasai bahasa arab diharuskan untuk masuk ke Syu’bah / Qism Lughah (bagian bahasa arab) untuk mempelajari bahasa arab selama kurang lebih dua (2) tahun, baru setelah itu bisa melanjutkan studi untuk memilih fakultas yang diinginkan di jenjang starata 1 Universitas Islam Madinah.

Kembali ke pembahasan tentang kitab Durus Lughah Arabiyyah Univ. Islam Madinah, kitab ini terdiri atas 3 jilid kitab dengan ukuran yang tidak terlalu tebal, berikut detail kitab ini

Perkenalan Dengan Durus al-Lughah al-Arabiyyah

Nama Kitab : Durus al-Lughah al-Arabiyyah Li Ghairin Nathiqin Biha (دروس اللغة العربية لغير الناطقين بها)

Penyusun / Pengarang : Prof. Dr. Abdur Rahim (Staf pengajar di Univ. Islam Madinah Munawwarah Saudi Arabia)

Jumlah Jilid : 3 Jilid Kitab

Tempat Download Kitab Durusul Lugahah al-Arabiyyah terbitan Jami’ah Islamiyyah Madinah Munawwarah:

Juz atau Jilid I : 

Juz atau Jilid II : 

Juz atau Jilid III : 

Kelebihan Kitab Durus al-Lughah al-Arabiyyah

Salah satu kelebihan yang bisa diungkapkan mengenai kitab Durusul Lugahah al-Arabiyyah terbitan Jami’ah Islamiyyah Madinah Munawwarah ini ialah bahwa kitab ini cukup sederhana dan lumayan praktis untuk diajarkan bagi pemula, dengan menampilkan berbagai mufradat atau kosakata bahasa arab dasar yang sangat dianjurkan agar dikuasai oleh pelajar bahasa arab pemula.

Selain itu kehadiran gambar-gambar yang berkaitan dengan koskata yang dipelajari cukup membantu siswa dan pelajar yang sedang mempelajari bahasa arab untuk lebih cepat menghafal berbagai mufradat yang di bawakan dalam kitab ini.

Selain itu kitab Durusul Lugahah al-Arabiyyah terbitan Jami’ah Islamiyyah Madinah Munawwarah ini disertai dengan pembahasan kaidah bahasa arab dasar pada setiap bab sehingga siswa di samping dituntut untuk menghafal dan memahami mufradat atau kosakata yang disampaikan juga dituntut untuk terlebih dahulu berkenalan dengan kaidah bahasa arab atau kaidah nahwu dan sharaf dasar untuk menunjang ke-fasihan bahasa arab yang sedang ia pelajari.

Kitab Durusul Lugahah al-Arabiyyah terbitan Jami’ah Islamiyyah Madinah Munawwarah ini murni memakai bahasa rab sebagai bahasa pengantarnya, mungkin salah satu kegunaan gambar-gambar yang ditampilkan di depan setiap kosakata agar guru atau pengajar bahasa arab dengan memakai kitab ini tidak terburu-buru menterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia saat mengajar karena siswa dengan sendirinya bisa memahami makna sebuah kata dengan melihat gambar yang ada di depan setiap kata yang dia baca.

Demikianlah review salah satu kitab pengajaran bahasa arab yang lumayan bagus dipakai untuk mengajarkan bahasa arab Durusul Lugahah al-Arabiyyah terbitan Jami’ah Islamiyyah Madinah Munawwarah.

Durusul Lugahah al-Arabiyyah terbitan Jami’ah Islamiyyah Madinah Munawwarah Pdf Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ehwah

0 komentar:

Post a Comment