Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Saturday, 16 April 2016

Kitab Pelajaran Kaidah Bahasa Arab: Matn al-Jurmiyyah Untuk Pemula

Dahulu kala di masa jahiliyyah dan di masa-masa awal kedatangan agama Islam pada bangsa arab, bahasa yang dipakai dalam keseharian bangsa arab adalah bahasa arab fusha (bahasa arab resmi yang sesuai dengan kaidah bahasa arab / ilmu nahwu dan sharaf), setelah dilakukan ekspansi dan perluasan daerah kekuasaan Islam di berbagai wilayah, baik di sekitar jazirah arab dan daerah-daerah asing lainnya, masuklah berbagai etnis dan suku ke dalam agama yang fitrah ini.
Kitab Pelajaran Kaidah Bahasa Arab: Matn al-Jurmiyyah Untuk Pemula

Banyaknya jumlah ummat Islam yang semakin hari tambah membludak membuat para ulama dan para pakar bahasa arab terdorong untuk menyusun kitab yang bisa menjadi pegangan bahasa arab agar bahasa arab yang dipakai adalah bahasa arab fusha yang sesuai kaidah bahasa itu sendiri, di samping karena setiap etnis dan suku bangsa baru yang masuk Islam membawa dan memakai bahasa mereka masing-masing dalam berinteraksi dan bersosialisasi sesama mereka, hal inilah yang mendorong para ulama masa lampau menyusun berbagai kitab kaidah bahasa arab / ilmu nahwu.

Salah satu kitab nahwu yang terbilang fenomenal dan hampir diterima oleh seluruh masyarakat Islam dunia adalah kitab Matn al-Jurmiyyah yang kini telah beredar luas di seluruh belahan negeri-negeri Islam.

Sejarah Ilmu Kaidah Bahasa Arab / Ilmu Nahwu

Tumbuhlah ilmu nahwu sebagai disiplin ilmu baru yang bertujuan untuk menjaga lisan arab agar sesuai dengan kaidah-kaidahnya, diketahui bahwa orang pertama yang meletakkan pondasi pertama ilmu nahwu adalah seorang ulama negeri Basrah dan sekaligus eorang tabiin mulia yang nama aslinya adalah Zalim bin Amr namun lebih dikenal dengan nama Abul Aswad ad-Du’ali (W: 69 H), Abul Aswad membuat kaidah dasar nahwu berdasarkan titah dari salah seorang dari Khulafa ar-Rasyidin yang ke-4 yaitu Ali bin Abi Thalib, anda bisa melihat oto biografi Abul Aswad dalam kitab Siar A’lam an-Nubala juz : 4 halaman : 81.

Setelah itu, ilmu Nahwu memasuki fase baru dalam perkembangannya ketika tokoh ulama nahwu kenamaan Sibawaih menyusun kitab pertama yang memuat kaidah ilmu nahwu, kitab itu beliau namakan kitab “al-Kitab”. Perhatian ulama Islam terhadap ilmu kaidah bahasa arab / Nahwu tercermin dalam lahirnya berbagai karya ulama masa lampau –apalagi masa sekarang-yang membahasa tentang ilmu Nahwu atau ilmu kaidah bahasa arab, bahkan banyak pakar bahasa mengatakan bahwa tidak ada satupun bahasa di dunia yang memiliki perhatian begitu besar dari pakarnya selain bahasa arab. Hal ini tidak mengherankan, karena bahasa arab sangat erat kaitannya dengan keberadaan agama Islam, pegangan hidup ummat Islam yaitu al-Quran dan al-Hadits keduanya memakai bahasa arab sehingga siapapun yang ingin menguasai ajaran Islam secara benar dan menyeluruh maka ia wajib menguasai bahasa arab.

Salah seorang ulama Nahwu al-Kisa’I berkata dalam bait syairnya:

أيها الطالب علما نافعا                   اطلب النحو ودع عنك الطمع

إنما النحو قيلس يتبع                     وبه في كل علم ينتفع

Wahai penuntut ilmu yang bermanfaat  ----------    Carilah ilmu nahwu dan tinggalkanlah ketamakan

Sesungguhnya ilmu nahwu adalah kias yang diikuti -----------  Dengannya setiap ilmu itu diperoleh

Maka mendekat dan pelajarilah ilmu Nahwu, mendekatlah sedekat dekatnya niscaya engkau akan menemukan ilmu ini mudah, lezat dan indah untuk dipelajari.

Mengenal Kitab Matn al-Jurmiyyah

Nama Kitab : Matn al-Jurmiyyah

Penyusun : Ibnu Aaajurruum Muhammad bin Muhammad bin Dawud as-Sinhaji (672 – 723 H).

Jumlah jilid : Hanya 1 Jilid

Tempat Mengunduhnya:

Matn al-Jurmiyyah Pdf  , disertai dengan terjemahannya.

Untuk syarah (penjelasan matn jurmiyyah) banyak kitab yang sudah disusun oleh para ulama di antaranya ada Syarah Matn Jurmiyyah oleh al-Makudy, yang kontemporer ada syarahnya oleh Muhyidiin Abdul Hamiid dan ada lagi syarah yang lumayan bagus dan sedrhana serta gampang dipahami yaitu Syarah Matn Jurmiyyah oleh Malik al-Mahdzary (ulama Yaman) bernama al-Mumti’ fi Syarhil Jurmiyyah. Begitu pula anda bisa mengikuti syarah / pnejelasan matn Jurmiyyah di blog ini : Syarah Matn Jurmiyyah Online

Kitab Pelajaran Kaidah Bahasa Arab: Matn al-Jurmiyyah Untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 komentar:

Post a Comment