Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Wednesday, 4 May 2016

Fi'il mudhari majzum

Fi'il mudhari majzum. Sebagaimana diketahui bahwa kalimat dalam bahasa arab di bagi menjadi tiga bagian; ada yang dinamakan dengan isim atau kata benda, ada yang dinamakan fiil atau kata kerja dan ada pula yang dinamakan dengan huruf. Nah kalau kita berbicara tentang fiil maka bisa dibagi lagi menjadi tiga macam, ada yang disebut dengan fiil mudhari (kata kerja yang menunjukkan waktu yang akan datang atau sedang terjadi), ada fiil madhi (kata kerja yang menunjukkan sesuatu yang telah terjadi di masa lampau ( dan terakhir ada yang disebut dengan fiil amr (kata kerja bentuk perintah). Kumpulan Tulisan Arab Masya Allah, Subhanallah, Subhanallah walhamdulillah wallahuakbar
Fi'il mudhari majzum

Dan kali ini kita akan membahas tentang fiil mudhari yang majzum. Majzum maksudnya –secara sederhana- barisnya sukun walaupun nanti tanda asli jazam yang berupa sukun ini bisa digantikan oleh tanda lainnya selain sukun, semisal buang nun (hadzf an-nun) dalam al-Af’al al-Khamsah (fiil yang lima) seperti contoh ini:

يدرسون -------- لم يدرسوا

تدرسون ----------- لم تدرسوا

يدرسان ----------- لم يدرسا

تدرسان ------------- لم تدرسا

تدرسين ------------- لم تدرسي

Jika anda perhatikan pada contoh di atas semua fiil mudhari di atas adalah majzum (I’rabnya jazam) karena di masuki oleh salah satu amil jawazim yaitu huruf “lam”, namun tanda jazamnya bukan sukun, akan tetapi tanda jazamnya adalah dengan membuang nun, mengapa tanda jazamnya membuang nun (hadzfun nun)? jawannya adalah karena fiil-fiil mudhari di atas adalah termasuk al-Af’al al-Khamsah / fiil yang lima.

Berikut ini kami contohkan fiil-fiil mudhari yang majzum agar bisa anda pahami lebih dalam lagi, coba anda perhatikan bahwa tidak semua fiil mudhari di bawah ini majzumnya dengan sukun namun terkadang dengan buang nun atau membuang huruf illatnya (huruf illat artinya huruf sakit yaitu huruf : ا و ي silahkan anda perhatikan.

لم يسمع

لم يقرأ

لم ينم

لم يدع

Pada kalimat ini (لم يدع) kata “yadu’” yang merupakan fiil mudhari saat ini adalah majzum karena di masuki oleh amil jawazim / amil jazm dalam hal ini adalah huruf lam, namun karena kata yadu’ adalah fiil mudhari yang diakhiri oleh huruf illat yaitu wawu (asalnya adalah : يدعو) maka ketika dia majzum tanda jazamnya adalah dengan membuang huruf illatnya sebagaimana di atas. Contoh yang lain untuk fiil mudhari yang terdapat huruf illat dan majzum:

لم يأت

لم يسع

لم يمح

لم ير

لم يسم

لم يرم

لم يرق

لم يحي

لم يرو

لم يجر

لم يمش

لم ينجو

لم يتل

Sekarang kita akan memberi contoh untuk fiil mudhari majzum yang tidak terdapat huruf illatnya:

لم يذهب

لم تزرعوا

لم تمنحوا

لم يتساألوا

لم يحمدوا

لم يقفوا

Demikian dulu yang bisa saya sampaikan seputar fi'il mudhari majzum, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan anda bisa mengetahui dan mengenali tentang fiil mudhari majzum ini.

Fi'il mudhari majzum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: aena rizku

0 komentar:

Post a Comment