Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Tuesday, 6 October 2015

3 Alasan Mengapa Sayur Bayam Berbahaya Jika Dihangatkan Kembali

3 Alasan Mengapa Sayur Bayam Berbahaya Jika Dihangatkan Kembali. Anda tentu pernah mendengar tentang larangan memanaskan kembali sayur bayam yang sudah dingin. anda tentu bertanya-tanya mengapa demikian? hal ini memang menjadi tanda Tanya besar khususnya bagi para ibu rumah tangga yang memang terbiasa menyiapkan hidanyan bagi keluarga. karena sering kali masakan yang dimasak tak bisa habis dalam sekali makan, termasuk sayur bayam ini, sehingga sayang jika langsung dibuang begitu saja. dan jika dihidangkan kembali dalam kondisi dingin, terkadang kurang menggugah selera makan, sehingga memanaskannya kembali menjadi pilihan yang kerap dilakukan.
3 Alasan Mengapa Sayur Bayam Berbahaya Jika Dihangatkan Kembali

Ada beberapa alasan mengapa sayur bayam titak boleh dipanaskan kembali, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan 3 diantaranya:
  • Memanaskan kembali sayur bayam dapat menyebabkan zat besi pada sayur bayam mengalami oksidasi
Sayur bayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi dibandingkan sayuran lainnya. yang mana jika dipanaskan zat besi yang terkandung didalamnyabakan mengalami oksidasi. zat besi yang teroksidasi berubah bentuk dari Fe2+ menjadi Fe3+. zat besi yang dapat diserap tubuh adalh zt besi dengan bentuk Fe2+, adapun zat besi dengan bentuk Fe3+ tidak dapt diserap oleh tubuh kita. 
  • Memanaskan kembali sayur bayam dapat mengubah kandungan nitrat yang terdapat pada bayam menjadi nitrit
Sayur baym merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan nitrat yang cukup tinggi. memanaskan kembali sayur bayam dapat mengubah senyawa nitrat menjadi senyawa nitrit, yang mana senyawa nitrit bersifat merusak, dan dapat berpotensi menjadi racun. dan jika nitrit masuk dalam aliran darah maka akan mengganggu proses pengikatan oksigen oleh darah.

Secar garis besar perubahan zat besi dan senyawa nitrat pada sayur bayam yang dipanaskan kembali tidak terlalu berbahaya bila dikonsumsi oleh orang dewasa, namun sebaliknya bila dikonsumsi balita dan anak kecil dikhawatirka resiko bahayanya menjadi lebih besar. meski demikian, memanaskan kembali sayur bayam yang sudah dingin untuk dikonsumsi kembali sangat tidak direkomendasikan. sayuran segar dan baru diolah tentu lebih sehat dan aman.
  • Memanaskan kembali sayur bayam dapat merusak gizi dan vitamin pada sayur
Semua jenis sayuran sebaiknya jangan dimasak terlalu lama, apalagi jika sampai harus dipanaskan berulang kali. hal ini dikarenakan sayur-sayuran kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat penting untuk tubuh. vitamin mudah rusak jika dimasak pada suhu yang tinggi, oleh sebab itu sebaiknya sayuran dimasak setengah matang, dan sebaiknya langsung dikonsumsi. bahkan sayuran yang masih mentah atau raw food jauh lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Demikianlah 3 alasan mengapa sayur bayam tidak boleh dihangatkan kembali. dan sebaiknya jika kita memasak sayur bayam disesuaikan dengan kebutuhan, porsi memasak cukup untuk sekali makan saja agar tidak bersisa, dan ingat, jangan memasak terlalu lama agar kandungan vitaminnya tidak rusak.selamat memasak. semoga bermanfaat

3 Alasan Mengapa Sayur Bayam Berbahaya Jika Dihangatkan Kembali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO