Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Thursday, 8 October 2015

Manfaat Melakukan Pemanasan Sebelum Melakukan Aktivitas Fisik/Olahraga

Manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik. Sedari kecil ketika kita masih duduk di bangku TK atau SD kita diajarkan untuk melakukan pemanasan atau warming up sebelum masuk ke pelajaran praktek rolahraga atau senam. biasanya guru olahraga menyuruh kita lari-lari kecil mengelilingi lapangan sekolah atau lari di tempat.
manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik

Terkadang kita bertanya-tanya, mengapa sebelum praktek olah raga kita harus melakukan pemanasan?apa manfaat melakukan pemanasan sebelum berolahraga? melakukan pemanasan sebelum melakukan aktifitas berat seperti berolahraga sangatlah penting untuk tercapainya tujuan dari berolahraga itu sendiri walaupun pemanasan tersebut dilakukan hanya sebentar saja. pada artikel kali ini penulis akan mengulas manfaat melakukan pemanasan sebelum berolahraga serta hal-hal yang berkaitan dengan pemanasan. berikut ulasan lengkapnya:


Melakukan olah raga sangatlah penting agar tubuh menjadi kuat dan sehat. hal yang sering dilupakan dalam berolahraga adalah melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga inti. ketika kita berolahraga, otot, sendi dan tulang akan bergerak dalam intensitas yang lumayan besar. dengan melakukan pemanasan sebelum berolahraga maka darah yang kaya akan oksien serta nutrisi akan mengalir ke otot sehingga lebih siap untuk dipacu kerja lebih berat lagi. sedangkan manfaat dari olahraga adalah menguatkan tulang, otot, jantung dan paru-paru serta memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

B. Bentuk-Bentuk Pemanasan

Pemanasan atau yang biasa disebut dengan warming up bisa dilakukan dengan mudah tanpa bantuan alat apapun. seperti dengan melakukan jogging ringan, aerobik, ataupun lari-lari kecil ditempat. cukup melakukannya hingga tubuh terasa panas dan berkeringat, kurang lebih selama 10-15 menit, setelah itu bisa dilanjutkan dengan streching atau peregangan otot selama beberapa menit, agar otot lebih lentur.

C. Dampak dan Akibat Tidak Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, bahwasannya aktivitas olahraga melibatkan pergerakan tulang, sendi dan otot.melakukan aktivitas olahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu dapat mengakibatkan cedera pada otot atau sendi. cidera pada otot atau sendi dapat mengganggu aktivitas karena tentu sangat menyakitkan dan kadang perlu perawatan medis. cedera otot yang biasa terjadi seperti keseleo, terkilir, salah urat, kram otot, sakit otot dan lain sebagainya.

D. Streching atau peregangan otot yang baik dan benar

Setelah kita melakukan pemanasan, maka dilanjutkan dengan melakukan peregangan otot.baik pemanasan ataupun peregangan otot sebaiknya dilakukan dalam kapasitas yang rendah dan ringan, dan jangan terlalu brlebihan. karena jika dilakukan secara berlebihan maka akan menimbulkan cedera sendi. dan jangan sampai anda merasa lelah atau capek berat sebelum olahraga inti dimulai. jiak pemanasan dan peregangan otot dilakukan dengan benar, maka tubuh pun akan siap melakukan olahraga. lalu berolahragalah dengan perasaan senang dan lupakanlah segalamasalah yang ada.

Sebagai tambahan, sebaiknya anda mengenali diri anda sendiri, pilihlah olahraga yang tepat yang anda senangi dan cocok dengan diri anda. hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan fatal saat berolahraga. jika anda memiliki fisik yang lemah dan jarang berolahraga, sebaiknya anda melakukan olahraga ringan namun menyehatkan dan bisa dilakukan oleh hampir semua orang seperti jalan cepat selama 30 menit. hindari olagraga yang berat seperti bola basket, sepak bola, futsal, bulu tangkis, tenis dan lain sebagainya.

Demikian artikel mengenai pentingnya pemanasan sebelum olahraga dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik , semoga bermanfaat.

Manfaat Melakukan Pemanasan Sebelum Melakukan Aktivitas Fisik/Olahraga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO