Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Monday, 25 April 2016

Contoh soal bahasa arab beserta jawabannya

Contoh soal bahasa arab beserta jawabannya. Para pengunjung blog kami less-love blogspot com, kali ini kami akan membahas tentang contoh so’al bahasa arab dan jawabnnya yang sangat bermanfaat bagi anda yang sedang mengajar bahasa arab, baik di pesantren-pesantren, pondok-pondok atau ma’had-ma’had yang menjadikan pelajaran bahasa arab sebagai pelajaran inti. Khusus untuk kali ini sepertinya so’al-so’al ini cocok diterapkan untuk santri atau siswa kelas 12 / xii atau kelas 3 SMA. Baca Juga : Nama-nama negara menggunakan bahasa arab
Contoh soal bahasa arab beserta jawabannya
Ilustrasi contoh "stresnya" siswa saat menjawab so'al semester :)
So’al bahasa arab ini bisa anda pakai sebagai soal bahasa arab kelas xii semester genap atau bisa juga sebagai bank soal bahasa arab sma kelas xii semester 1 atau bisa juga semester genap. Oke silahkan anda lihat dan perhatikan siapa tahu bisa jadi bahan untuk pembuatan so’al semester bagi murid dan siswa anda di jenjang SMA atau mungkin bisa juga untuk jenjang SMP kelas ix / kelas 9.

أ-ثن الكلمات التي تحته خط في الجمل الآتية! 

(Buatlah kata-kata yang digaris bawahi di bawah ini menjadi bentuk tasniyah!)

1.اِرْفَعْ يَدَكَ!

2.ماذا قالت المرأة لِبِنْتِها؟

3.غسلت رِجْلِيْ

4.باع عكاشة بَيْتَه

5.مات أَبُوْهُ

Pada pertanyaan poin أ ini siswa di minta untuk membuat kata benda yang digaris bawahi menjadi bentuk mutsanna (tasniah/menunjukkan dua).

So’al no.1 : Bentuk mutsanna dari kata (يد) adalah (يدين-يدان) sehingga jawabannya adalah : اِرْفَعْ يَدَيْكَ! jumlah / kalimat ini terjemahannya ialah : “Angkatlah kedua tanganmu.

So’al no.2 : Bentuk mutsanna dari kata (بنت) ialah (بنتان- بنتين) maka jawaban yang benar untuk so’al ke dua ini adalah : ماذا قالت المرأة لِبِنْتَيْهَاا؟ kalimat ini terjemahannya ialah : Apa yang dikatakan perempuan itu kepada kedua putrinya?

So’al no.3 : Bentuk tasniayah dari kata (رجل) ialah (رجلان- رجلين) sehingga jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adaah: غسلت رِجْلَيَّ (cara bacanya : gosaltu rijlayya), artinya saya membasuh kedua kaki saya.

So’al no.4 : Bentuk mutsanna dari kata (بيت) ialah (بيتان –بيتين) maka jawaban yang benar untuk so’al no.4 ini adalah : باع عكاشة بَيْتَيْه yang terjemahannya adalah Ukasyah telah menjual kedua rumahnya.

So’al no.5 : Bentuk mutsanna untuk kata (أب) adalah (أبوان- أبوين) jadi jawaban yang tepat untuk so’al no.5 ini adalah : مات أَبُوَاهُ artinya kedua bapaknya telah meninggal.

ب.استخرج مما يأتي أسماء الزمان والمكان, واذكر وزن كل واحد منها والفعل الذي اشتق منه!

Carilah isim zaman dan isim makan dari kalimat-kalimat di bawah ini, dan sebutkan juga wazan atau timbangan setiap isim zaman dan makan yang anda temukan serta sebutkan pula fi’il yang merupakan asal dari isim zaman/makan tadi.

1.قال تعالى: ((أَلاَ إِن مَوْعِدَهُم الصُّبْحُ أَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيْبٍ)) (هود: 81).

2.وقال تعالى: ((لَقَدْ كَانَ لِسَبَأٍ فِيْ مَسْكَنِهِمْ آية جَنَّتَانِ عَنْ يَمِيْنٍ وَشِمَالٍ)) (سبأ: 15).

3.وقال: ((قَدْ عَلِمَ كُلُّ أُنَاسٍ مَشْرَبَهُمْ)) (البقرة: 60).

4.موقف السيارات قريب من بيتي.

5.حامد في المطعم الآن

Pertanyaan nomer.1 : Isim zaman adalah kata (موعد) wazannya adalah “maf’il” asal fiilnya adalah kata (وعد) yang artinya berjanji.

Pertanyaan nomer.2 : Yang menjadi isim makan adalah kata (مسكن) wazannya adalah “maf’al” yang artinya tempat tinggal, kata ini berasal dari kata kerja (سكن – يسكن) yang artinya tinggal atau bermukim.

Pertanyaan nomer. 3 : Pada ayat ini terdapat isim makan yaitu kata (مشرب) wazannya adalah “maf’al” yang artinya tempat minum, terambil dari kata kerja yaitu (شرب – يشرب) yang artinya minum.

Pertanyaan no.4 : Pada kalimat ini ada isim makan yaitu kata (موقف) wazannya adalah “maf’il” yang artinya tempat berhenti, terambil dari kata kerja yaitu ( وَقَفَ - يَقِفُ) yang artinya berhenti.

Pertanyaan no.5 : Pada kalimat ini ada isim makan yaitu kata (مَطْعَم) wazannya adalah “maf’al” yang artinya tempat makan, terambil dari kata kerja yaitu (طَعِمَ - يَطْعَمُ) yang artinya makan.

عين أسماء الآلة فيما يأتي, واذكر وزن كل واحد منها!

Tentukanlah isim alat (isim alat adalah isim menunjukkan makna alat untuk melakukan sesuatu dan sebutkan wazan (timbangan setiap isim alat yang kamu sebutkan!

1.عن عبد الله بن عباس-رضي الله عنهما-قال: ((نهى رسول الله-صلى الله عليه- عن كل ذي ناب من السِّبَاع, وعن كل ذي مِخْلَبٍ مِنَ الطَّيْرِ)).

2.في الحديث الصحيح : ((طاف النبي-صلى الله عليه وسلم-في حَجَّةِ الوداع على بعير يَسْتَلِمُ الرُّكْنَ بِالْمِحْجَنِ)).

3.مفتاح السيارة في الغرفة

4.قال تعالى:(( ولا تَنْقُصُوا الْمِكْيَالَ وَالْمِيْزَانَ))

5.اشتريت المسطرة وَالْمِمْحَاةَ أمسِ

So’al pertama : pada hadits ini terdapat sebuah kata yang merupakan isim alat yaitu kata (مخلب) wazannya adalah “mif’al” maknanya adalah alat untuk mencakar terambil dari kata (خلب – يخلب) yang artinya adalah mencakar.

So’al no.2 : Pada hadits ini terdapat isim alat yaitu kata (محجن) yang artinya perisai dengan wazan “mif’al” terambil dari kata (حجن – يحجن) yang maknanya melerai atau menghalangi.

So’al atau pertanyaan nomer.3 : Pada kalimat ini terdapat sebuah kata yang merupakan isim alat yaitu kata miftah (مفتاح) wazannya adalah “mifaal” yang maknanya alat untuk membuka yaitu kunci, terambil dari kata (فتح – يفتح) yang artinya membuka.

Pertanyaan no.4 : Pada ayat ini terdapat dua (2) isim alat yaitu kata mikyaal (مكيال) dan juga kata miizaan (ميزان) yang keduanya artinya adalah alat untuk menimbang. Masing-masing terambil dari kata kaala-yakiilu (كال – يكيل) yang artinya menimbang dan dari kata wazana-yazinu (وزن – يزن) yang juga artinya menimbang.

So’al no.5 : Pada so’al ini terdapat juga dua isim alat yaitu kata mistarah dan juga kata mimhah (مسطرة) dan (ممحاة) mistarah artinya penggaris dan mimhah artinya adalah penghapus. Dua isim alat ini masing-masing terambil dari kata sathara (سطر – يسطر) yang artinya menggaris sedangkan kata mimhaha terambil dari fi’il maha-yamhu yang artinya menghapus (محا – يمحو).

ضع الكلمات الآتية في جمل مفيدة من عندك!

Taruhlah kata-kata di bawah ini dalam jumlah mufidah (dalam kalimat sempurna)!

1.كِيْسٌ 2.لَوْحَة 3.خريطة 4. قَلَى 5. طَرَقَ 

Jawaban :

1. ضَاعَ كِيْسُ أَحْمَد فِي الطَّرِيْقِ.

2. قَرَأْتُ الْإِعْلَانَ الَّذِي عَلَى اللَّوْحَةِ.

3. رَسَمْتُ خَريْطَةَ بَلَدِي.

4. قَلَى الطَّبَّاخُ الْبَيْضَ.

5. طَرَقْتُ الْبَابَ.

Itulah yang bisa kami bisa tuliskan sekarang ini tentang contoh soal bahasa arab kelas 12 disertai dengan jawabannya baik untuk semester gasal maupun untuk semester genap. Contoh so'al ini berguna terutama bagi anda yang berprofesi sebagai guru yang sedang mencari contoh so'al bahasa arab. Terima kasih atas kunjungan anda.

Contoh soal bahasa arab beserta jawabannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

1 komentar:

  1. Makasih jazakalloh kher atas tulisannya

    ReplyDelete