Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Sunday, 24 April 2016

Kumpulan Tulisan Arab Insya Allah, Bismillah, Assalamualaikum dan Audzubillahiminasyaitonirrajim

Assalamualaikum, hallo para pengunjung blog sederhana less-love blogspot com, apa kabar anda semuanya? Alhamdulillah semoga baik-baik saja semuanya. Tidak terasa sudah sekian banyak artikel tentang bahasa arab yang kami hadirkan pada blog sederhana ini, kali ini kami akan menghadirkan ulasan tentang sebagian kesalahan yang kadang menimpa sebagian kita saat menulis beberapa kalimat bahasa arab yang sering dipakai dalam kehidupan sehari kita.
Kumpulan Tulisan Arab Insya Allah, Bismillah, Assalamualaikum dan Audzubillahiminasyaitonirrajim

Sebagai kaum muslimin kita sering mengucapkan beberapa kalimat harian seperti Alhamdulillah, bismillah dan seterusnya, nah kalimat-kalimat seperti tadi kadang kita tahu persis tulisannya, nah itulah yang akan kami bahasa pada kesempatan kali ini yaitu mengenai tulisan arab bismillahirrahmanirrahim, tulisan arab insya allah, tulisan arab bismillah, tulisan arab assalamualaikum, tulisan arab audzubillahiminasyaitonirojim bismillahirohmanirohim. Berikut ulasan lengkapnya dan silahkan anda simak, untuk diperhatikan kalimat-kalimat harian yang sering diucapkan tadi setelah kami berikan tulisan arabnya kami akan sertai dengan penjelasan ringkas mengenai artinya dan penjelasan lainnya yang kami pandang penting dan berkaitan. Kitab Matn al-Jurmiyyah


Tulisan arabnya adalah seperti di bawah ini :
بسم الله الرحمن الرحيم

Ucapan ini sering kita ucapkan tatakal ingin melakukan sesuatu yang baik dan ini memang anjuran Islam terkait hal ini, di mana jika kita ingin memulai sesuatu dianjurkan terlebih dahulu mengucap basamalah ini, secara ringkas ucapan bismillahirrahmanirrahim artinya adalah dengan menyebut nama Allah, dzat yang maha mengasihi dan menyayangi.

Tulisan arab insya allah

Untuk ucapan ini kita tulis dengan cara ini:

إن شاء الله

Banyak orang yang salah dalam menulis ucapan insya Allah ini termasuk dengan menulisnya seperti ini:

إنشاء الله

Cara penulisan seperti ini adalah keliru dan makna dan artinya akan sangat berlainan dengan jika ditulis dengan tulisan arabnya yang benar seperti yang kami sebutkan. Adapun jika ditulis seperti tadi:

إنشاء الله

Kata insya’ disitu kurang lebih makannya adalah membuat dari kata (أنشأ-ينشئ) yang artinya membuat, jadi silahkan anda kira-kira maknanya jika ditulis dengan cara menulis seperti di atas, jika ditulis dengan cara tulisan arab yang benar seperti ini:

إن شاء الله

Maka artinya adalah : jika Allah mengehendaki, kata “in” di situ adalah huruf syarat yang artinya jika atau seandainya atau bila atau apabila, sedangkan kata “sya’a” di situ artinya adalah berkehendak atau menginginkan.

Tulisan arab bismillah

Tulisan arab bismillahirrahmanirrahin sudah kami bahasa di atas, satu hal mungkin yang perlu diketahui yang hal ini bisa jadi juga jarang diketahui oleh sebagian kaum muslim mengenai apakah perbedaan Basamalah dengan Tasmiah? karena dua istilah ini sering kita temukan terutama bagi anda yang mahir berbahasa arab dan membaca kitab-kitab arab anda akan sering menemukan dua istilah ini. Jadi istilah Tasmiah artinya adalah ucapan Bismillah sedangkan istilah Basamalah maksudnya adalah ucapan Tasmiah tadi jika diucapkan secara lengkap dan sempurna yaitu ucapan Bismillahirrahmanirrahim. Sedikit lagi “nyerempet” terkait ucapan doa yang kita baca ketika akan makan, pada hadits mengenai hal ini (perintah mengucap bismillah ketika akan makan) dikatakan “Sammillah” yang artinya ucapkanlah tasmiyah, berarti ketika mau makan yang diucapkan adalah Bismillah saja bukan bunyi lengkapnya yaitu Bismillahirrahmanirrahiiim. Allahu a’lam.


Cara penulisan uacapan assalamualaikum yang benar adalah:

السلام عليكم

Yang artinya semoga keselamatan selalu menyertaimu. Untuk lafadz sempurna dan lengkapnya adalah Assalamualikum warahmatullahi wabarakatuh, yang tulisan arabnya:

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Yang terjemahannya atau artinya : Semoga keselamatan, rahmat Allah dan keberkatannya-Nya menyertaimu.

Tulisan arab audzubillahiminasyaitonirojim bismillahirohmanirohim

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم

yang artinya Saya berlindung dengan Allah dari (kejahatan) syaithan yang terkutuk dengan menyebut nama Allah yang maha mengasihi dan menyayangi. Ucapan ini biasanya diucap seorang muslim sebagai do’a sebelum membaca sebuah surat al-Qur’an. Hal ini berdasarkan pendapat sebagian ulama yang menyebutkan bahwa mengucap Basmalah jika membaca awal surat al-Qur’an, namun jika yang dibaca adalah pertengahan surat maka membaca Isti’adzah saja.

Demikian dulu apa yang bisa kami sampaikan terkait cara menulis bismillahirrahmanirrahim, insya allah, bismillah, assalamualaikum, audzubillahiminasyaitonirojim bismillahirohmanirohim. Semoga bermanfaat bagi anda.

Kumpulan Tulisan Arab Insya Allah, Bismillah, Assalamualaikum dan Audzubillahiminasyaitonirrajim Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

2 komentar: