Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Monday, 11 April 2016

Review dan Unduh: Kitab al-Arabiyyah Baina Yadaik

Sudah banyak buku-buku pengajaran bahasa arab yang beredar luas yang bisa dipakai sebagai media pengajaran bahasa arab bagi orang bukan arab dan bahasa arab gukan bahasa aslinya. Di antara buku-buku yang dimaksud adalah buku al-Arabiyyah Baina Yadaik.
Review dan Unduh: Kitab al-Arabiyyah Baina Yadaik

Perkenalan Buku al-Arabiyyah Baina Yadaik

Judul Buku : al-Arabiyyah Baina Yadaik (العربية بين يديك)

Penyusun Buku: Beberapa pakar bahasa arab : Dr.Abdurrahman al-Fauzan, Dr.Mukhtar Tahir Husain, Muhammad Abdul Khalik. Pengawas: Dr.Muhammad alu Syaikh.

Jumlah Jilid: 3 Jilid buku untuk siswa dan 3 jilid buku petunjuk bagi pengajar.

Download al-Arabiyyah Baina Yadaik dengan mengunjungi link ini:

Jilid I : https://archive.org/download/arabicbyh-pdf/arabia1.pdf

Jilid II : https://archive.org/download/arabicbyh-pdf/arabia2.pdf

Jilid III : https://archive.org/download/arabicbyh-pdf/arabia3.pdf

Baca al-Arabiyyah Baina Ydaik online:

Jilid I : https://archive.org/stream/arabicbyh-pdf/arabia1

Jilid II : https://archive.org/stream/arabicbyh-pdf/arabia2

Jilid III : https://archive.org/stream/arabicbyh-pdf/arabia3

Unduh seluruh kitab al-Arabiyyah Baina Yadaik di sini:

https://archive.org/compress/arabicbyh-pdf/formats=IMAGE%20CONTAINER%20PDF&file=/arabicbyh-pdf.zip

Buku Ini Diperuntukkan:

Bagi kaum muslimin dunia yang ingin mempelajari bahas arab, kaum muslimin yang berada di kawasan asia tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam dan negara-negara lainnya. Begitu pula negara-negara islam lainnya semisal Bosnia, Turki dan seterusnya.

Begitu pula buku al-Arabiyyah Baina Yadaik ini diperuntukkan bagi kaum muslimin yang bermukim di Eropa dan ingin mengajarkan anak-anak mereka bahasa arab fusha, seperti sebagian kaum muslimin yang tinggal di negara Amerika, negara-negara Eropa dan lainnya.

Buku al-Arabiyyah Baina Yadaik terlebih dahulu mengajarkan cara membunyikan huruf hijaiyyah arab kemudian mulai beranjak ke pelajaran yang disertai gambar selangkah demi langkah.

Banyak kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh buku al-Arabiyyah Baina Yadik ini dibandingkan dengan buku pembelajaran bahasa arab lainnya, di antaranya adalah:

1. Buku pembelajaran bahasa arab al-Arabiyyah Baina Yadaik ini disertai dengan gambar-gambar serta foto-foto yang bisa mempermudah proses penyerapan materi pembelajaran bahasa arab.

2. Buku al-Arabiyyah Baina Yadaik ini disertai dengan materi pelajaran bahasa arab yang disampaikan melalui media audio mp3 sehingga bisa memaksimalkan daya serap siswa dalam memahami pelajaran.

3. Menggunakan bahasa arab fusha / resmi dan menghindarkan penggunaan bahasa arab amiyyah / pasaran / gaul sehingga siswa diharapkan mampu melakukan komunikasi dan interaksi dengan bahasa arab baik secara lisan maupun tulisan dengan benar.

4. Memadukan 4 maharat (kemampuan) bahasa dimana siswa ditargetkan untuk menguasai dengan sempurna 4 maharah itu, yaitu:

Maharah/Kemampuan al-Qira’ah (membaca), Maharah / Kemampuan al-Kitabah (menulis), Maharah / Kemampuan al-Istima’ (mendengarkan) dan Maharah / Kemampuan al-Kalaam (berkomunikasi / berbicara).

5. Memadukan 3 unsur bahasa yang digunakan untuk mengajarkan bahasa arab, yaitu:

Al-Aswaaat (suara), Mufradat (kosakata) disertai ta’bir dan tarkib bahasa dan terakhir yaitu at-Tarkiib an-Nahwiyyah (kaidah bahasa arab).

6. Buku ajar bahasa arab al-Arabiyyah Baina Yadaik ini memperhatikan sistem tadarruj (selangkah demi selangkah) dalam mengajarkan bahasa arab sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.

7. Penggunaan berbagai metode dalam penyajian materi bahasa arab, mulai dari kisah, percakapan, teks bacaan. Sebagaimana pada buku al-Arabiyyah Baina Yadaik jilid I lebih mengutamakan metode percakapan dan teks-teks pendek, hal ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa yang masih pada tahap-tahap awal belajar.

Untuk waktu yang diperlukan dalam mengajarkan buku ajar al-Arabiyyah Baina Yadaik sebagaimana disebutkan pada kitab jilid I adalah sebanayak 300 jam pelajaran, untuk setiap satu jam pelajaran sebanayak kurang lebih 45 menit. Untuk setiap semester kurang lebih 100 jam pelajaran.

Review dan Unduh: Kitab al-Arabiyyah Baina Yadaik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

0 komentar:

Post a Comment