Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Islam, Modifikasi, Provinsi di Indonesia, Ajaib dan Unik, Tips dan Cara, Jalan Tol, Printer, Pengetahuan Umum

Monday, 16 May 2016

Ada Nabi yang masih hidup hingga akhir zaman?

Nabi yang masih hidup hingga akhir zaman. Tersebar dikalangan banyak orang mengenai misteri Nabi Khidir, apakah masih hidup hingga sekarang ataukah sudah meninggal? Klaim-klaimpun betebaran, mulai dari beberapa orang yang mengatakan bahwa dirinya bertemu dengan Nabi Khidir dan sempat bertanya jawab dengannya dan kisah-kisah lainnya yang dijadikan sebagai argument dan bukti akan masih hidupnya Nabi Khidir.
Ada Nabi yang masih hidup hingga akhir zaman?

Apakah Khidir Adalah Nabi Atau Hanya Wali?

Jika merujuk kepada pendapat ulama zaman ini dan ulama-ulama terdahulu dalam hal ini, ternyata pendapat yang kuat adalah bahwasanya Khidir bukanlah nabi namun hanya seorang wali yang diberikan kelebihan oleh Allah-azza wa jalla-berupa pengetahuan dan ilmu khusus yang tidak diketahui oleh Nabi Musa ketika itu, Alla-pun ingin menguji Nabi Musa untuk menegurnya atas perkataan-nya ketika mengatakan:

لا أعلم أحداً على وجه الأرض أعلم مني

“Tidak ada orang di muka bumi ini yang lebih alim dari saya.”

Allahpun mengutus Khidir untuk menguji Nabi Musa sebagaimana disebutkan kisahnya dalam surat al-Kahfi secara panjang lebar. Khidir diberikan ilmu oleh Allah terkait kisah tembok, perahu dan pembunuhan seseorang sebagaimana dalam kisah lengkapnya di surat al-Kahfi, sebatas itu, adapun mengenai ilmu lain dan ilmu kenabian maka Nabi Musa yang lebih alim dari Khidir, karena derajat kenabian jauh lebih mulia dan lebih tinggi dari derajat kewalian.

Baca:

Benarkah Nabi Khidir Adalah Nabi yang Masih Hidup Hingga Akhir Zaman?

Sebuah pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang panjang untuk menjelaskan dalil dan alasannya.

Pertama, sekali lagi Khidir hanya seorang wali yang shalih dan bukan nabi, berdasarkan dalil yang kuat dalam masalah ini.

Kedua, berikut adalah beberapa dalil yang membuat kami yakin bahwa Khidir telah meninggal:

Dari al-Qur’an, firman Allah-azza wa jalla-:
“Kami tidak pernah menjadikan sebelum engkau (Nabi Muhammad) kekal, apakah jika engkau mati justru mereka akan kekal? (al-Qur’an Surat al-Anbiya: 34).

Maksudnya kami telah menentukan bahwa engkau (Nabi Muhammad) akan meninggal dengan kemuliaanmu yang tinggi, nabi dan rasul yang paling mulia, nabi bahkan makhluk pertama yang akan masuk surga, walaupun demikian engkau akan meninggal, maka apakah manusia lain dengan derajat yang lebih bawah darimu akan kekal dan tidak mati?

Sabda Nabi ketika terjadi perang Badar:
“Ya Allah seandainya kelompok Islam ini (pasukan Nabi) punah/meninggal semuanya maka engkau tak akan disembah di muka bumi.” (HR.Muslim).

Sabda beliau ini menunjukkan bahwa tak ada nabi yang masih hidup hingga akhir zaman termasuk Khidir -terkecuali Nabi Isa maka beliau adalah nabi yang masih hidup hingga akhir zaman karena diangkat oleh Allah ke langit-. Karena seandainya Khidir masih hidup di muka bumi maka Nabi tidak akan mengatakan bahwa Allah tak akan disembah seandainya para sahabat yang sedang berperang itu meninggal semuanya.

Seandainya ada nabi yang masih hidup hingga akhir zaman termasuk Khidir niscaya beliau akan datang kepada Nabi Muhammad saat beliau masih hidup dan menjadi pengikut Nabi Muhammad serta ikut berperang membela beliau karena Nabi Muhammad di utus untuk alam semesta bangsa jin dan juga manusia.

Terdapat sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi pernah mengatakan bahwa setelah 100 tahun mulai dari beliau bersabda tak akan ada lagi mereka yang berada di muka bumi saat itu melainkan telah meninggal semuanya, maksudnya tak ada generasi sahabat yang tertinggal 100 tahun kedepan semenjak beliau mengucapkan sabda beliau itu. Riwayatnya ada dalam Shahih Muslim.
"Tahukah kalian pada malam ini, setelah berlalu 100 tahun tidak ada satu orangpun yang masih hidup orang yang berada di atas muka bumi ini."

Demikianlah artikel kami kali ini mengenai apakah ada nabi yang masih hidup hingga akhir zaman dan kekal abadi tidak mati? Semoga pertanyaan ini terjawab dengan benar dan semoga ada manfaatnya.

Ada Nabi yang masih hidup hingga akhir zaman? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TWENTYONE INFO

1 komentar:

  1. Apa yang dijadikan sandaran orang-orang yang mengatakan bahwa nabi-nabi ada yang masih hidup hingga sekarang ini, jawab ya?

    ReplyDelete